IGI Paparkan Program Kompetensi Guru di BBPMP

Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Sulawesi Selatan, Arfiani, M.Pd, paparkan capaian IGI pada penyusunan bahan tindak lanjut hasil intervensi mitra pembagunan yang digagas Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan, Sabtu, 25 November 2023.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari itu (24-26) salah satu strategi Kemendikbud Ristek untuk menyukseskan penerapan Kurikulum Merdeka sebagai pemulihan pembelajaran.

Acara dihadiri jajaran dinas pendidikan se Sulsel dan 15 mitra pembangunan itu,  kata Arfiani, mendorong kolaborasi dengan Mitra pembangunan, seperti lembaga organisasi, dunia usaha dan dunia industri agar berkontribusi di bidang pendidikan.

Selain itu, dilakukan penandatanganan komitmen pemerintah daerah dan mitra pembangunan terkait pemulihan pembelajaran.

Pada kesempatan itu, IGI   wilayah Sulawesi Selatan diberikan kesempatan memaparkan capaian intervensi berupa pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi guru.

Sejak 2016, IGI Sulsel, telah melakukan berbagai pelatihan, diantaranya pelatihan satu buku satu guru di 24 kabupaten kota.
Pelatihan  Satu Guru Satu Komik. Pelatihan ini telah dilatihkan di 12 kabupaten kota.

Pada  2018 IGI Sulsel, berhasil pecahkan Rekor Muri pelatihan guru serentak dan terbanyak berbasis TIK.

Seminar internasional dan pameran buku karya guru dalam program satu buku satu guru. Pameran buku karya Sagu-Saku dengan jumlah peserta lebih  1000 guru dari 24 kabupaten kota.

Road show 10.000 Inovasi Guru yang melaksanakan pelatihan guru di 24 kabupaten kota Sulawesi Selatan yang dijalankan setiap Sabtu dan Minggu dengan target lahirnya 10.000 inovasi guru di Sulawesi Selatan selama periode 2018 -2019.

Selain itu digelar webinar mingguan dan udah berjalan sebanyak 39 episode.

Pelatihan upgrading pelatih dan PMO tingkat dasar pada awal tahun 2023.
IGI sulsel juga mengawal  program organisasi penggerak yang dilaksanakan selama 3 tahun, dari tahun 2021- 2023 dengan 2 daerah sasaran yaitu kabupaten Gowa dan Jeneponto.

“IGI fokus membantu peningkatan kompetensi guru yang bermuara pada peningkatan kompetensi peserta didik,” katanya.

Kepala BBPMP Imran, S.Kom. M.T, mengajak IGI terus maju untuk mengawal pemulihan pembelajaran di wilayah Sulawesi Selatan.

Jajaran Dinas Pendidikan kabupaten kota yang hadir pada kesempatan itu mendukung program-program IGI, meningkatkan kapasitas guru. (*)

__Terbit pada
26 November 2023
__Kategori
Culture

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *