Ketum IGI Pusat Sambangi Tiga Daerah di Provinsi Aceh

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pusat, Danang Hidayatullah, menyambangi tiga daerah di Provinsi Aceh, Jumat, 15 Maret 2024. Saat tiba di Tanah Rencong, Danang bersama rombongan berkunjung di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Utara.

Ketua Umum IGI Pusat didampingi Bidang Diklat PP IGI Nanda Indah Sari dan Ketua Daerah IGI Aceh Utara, Qusthalani.

Mereka disambut hangat Kadis Dikbud Aceh Utara, Jamaluddin. Pertemuan berlangsung di ruang kerjanya. Pertemuan itu bahas sinergitas membangun pendidikan berkualitas di Aceh Utara.

“Mari kita bangun komunikasi dan saling bersinergi agar mutu pendidikan kita lebih baik. Meningkatkan kompetensi dan prestasi guru di Kabupaten Aceh Utara,” ujar Jamaluddin.

Jamaluddin menyambut baik sinergi meningkatkan kapasitas guru.

”Aceh Utara itu daerah terbanyak melahirkan Guru Penggerak di Provinsi Aceh. Kami siap mendukung Kurikulum Merdeka yang berdampak bagi siswa,” ujar Jamal, begitu ia disapa.

Ketua Umum IGI Pusat, Danang Hidayatullah, berterima kasih kepada jajaran Disdikbud Aceh Utara  menyambut baik  kehadiran IGI di Bumo Pasee.

“Luar biasa sambutannya, mari kita bersinergi menjalankan dan mendukung program IGI di daerah,” kata Danang.

Danang mengaku, IGI memiliki program strategis dan prioritas Kemdikbud Ristek. Selain itu, IGI berupaya menemukan berbagai strategi peningkatan kompetensi guru guna meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Danang membawa pesan dari Dirjen GTK Kemdikbud Ristek, Prof Dr Nunuk Suryani, untuk terus mendukung program prioritas Kemdikbud Ristek, seperti Program Guru Penggerak, Program Sekolah Penggerak dan Kurikulum Merdeka.

“Perlu ada upaya berkelanjutan dari daerah untuk terus mendukung Kurikulum Merdeka. Kurikulum yang utuh dan berdampak bagi siswa yaitu menjadi profil pelajar Pancasila,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Danang sosialisasikan program baru IGI yaitu IGIpreneur, tahun 2024 disiapkan Umrah akbar bersama Dirjen GTK Kemdikbud Ristek.

“Kini guru bisa Umrah dan menyampaikan unek-uneknya bersama Dirjen GTK di Mekkah dan Madinah.”

Danang berharap, ada pendidikan rohani untuk guru kita agar lebih dekat dengan Kemdikbud Ristek.

Danang berharap, Pemkab Aceh Utara memberikan hak cuti kepada guru yang mengikuti program ini nantinya.

Di akhir pertemuan, kedua pihak bersepakat untuk bersinergi dan saling mendukung dalam program-program berkualitas di daerah.

Sementara itu, Nanda Indah Sari salah satu pengurus pusat yang berasal dari Aceh Utara menjelaskan, Ketum IGI melengkapi lawatannya di dua kabupaten dengan sosialisasikan program IGI di Kabupaten Aceh Tengah.

Di Aceh Tengah disambut Kacabdin, Kabid GTK Disdikbud dan Ketua MPD Aceh Tengah.

Di daerah Benar Meriah, rombongan IGI disambut Kepala Dinas, Kacabdin dan Ketua MPD Bener Meriah.

“Alhamdulillah, kunjungan pengurus pusat IGI berjalan lancar dan sesuai rencana” jelas Nanda.(rls)

__Terbit pada
17 Maret 2024
__Kategori
Culture