Prodi JI Bincang Media Bersama Praktisi

Program Studi Jurnalistik Islam (JI), IAIN Parepare, bincang media bersama praktisi, di Sunhey Space, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

“Kami mengundang pihak perusahaan dan praktisi media se-Ajatappareng bersilaturahmi dan meminta saran demi perkembangan Prodi JI,” ujar Ketua Prodi JI Nahrul Hayat, M.I.Kom, Kamis, 2 Maret 2023.

Bincang santai ini, kata dia, mendapatkan masukan dari praktisi agar menghasilkan alumni berkualitas, sesuai kebutuhan mahasiswa.

Selain itu, kata Nahrul, Bincang santai ini untuk mendapatkan masukan terkait  perubahan kurikulum Prodi JI dan perubahan mata kuliah pada program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Salah satu praktisi media, Hairil memberikan saran bahwa pentingnya Prodi JI memiliki mata kuliah yang lebih spesifik.

Mata kuliah yang dimaksud, termasuk Produksi media online dan cetak dan mata kuliah lainnya sesuai kebutuhan mahasiswa.

Dia menambahkan mahasiswa Jurnalistik perlu dibekali wawasan tentang Search Engine Optimization (SEO).

SEO itu elemen penting dalam penulisan berita atau artikel berbasis online. SEO ini memudahkan mesin pencari untuk menentukan peringkat website di mesin pencari, sehingga dapat ditampilkan sesuai dengan relevansi dari kata kunci yang diinputkan user.

Prospek Prodi JI
Lalu bagaimana prospek Prodi JI. Prodi ini memiliki prospek cerah.  Mahasiswa dididik menjadi jurnalis,
peneliti bidang Jurnalistik atau sosial keagamaan, Fotografer dan videografer.

Lay outer atau tata letak, analis Humas dan Protokol, Developer digital, penulis/editor, konten kreator, web editor.

Bahkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek RI), mengunggah sejumlah  jurusan potensial di era digital via media sosialnya antara lain seperti dilansir kompas.com.

1. Teknik Informatika
Jurusan teknik informatika memiliki peluang cerah di era digital. Jurusan ini mengkaji pemrograman, perangkat lunak (software), dan teknologi komputer jaringan (TKJ).

Pekerjaan membutuhkan lulusan teknik informatika adalah programmer, web developer, software developer, IT consultant, system analyst, dan software engineer.

2. Ilmu Komunikasi
Ilmu komunikasi memiliki   prospek yang. baik di era digital. Jurusan ini membekali mahasiswa  aspek kehidupan manusia.

Beberapa pekerjaan di era digital untuk jurusan ilmu komunikasi di antaranya digital marketing, SEO specialist, copywriter, social media specialist, public relations.

3. Desain Komunikasi Visual (DKV). DKV adalah salah satu bagian dari jurusan seni yang fokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan.

Beberapa pekerjaan yang bisa digeluti lulusan DKV adalah animator, web designer, lay outer, desain grafis, dan creative advertising. (*)

__Terbit pada
2 Maret 2023
__Kategori
Culture

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *