IBRAHIM

Evaluasi Penguatan dan Pembentukan KK

Oleh : Ibrahim Fattah, Direktur YLP2EM

“Sudah berapa kelurahan selesai difasilitasi penguatan atau pembentukan KK (Kelompok Konstituen),” tanyaku kepada Program Officer, Suryanti YLP2EM, di kantornya.

Pada hari Rabu, tanggal 10 Agustus. Kami evaluasi bersama tim lapangan.

Pada hari Jumat,12 Desember, sekitar pukul 16.00, suhu matahari mulai sejuk. Semua tim program Inklusi sudah lengkap. Memfasiitasi proses diskusi tersebut, menyusun instrument evaluasi penguatan/pembentukan KK.

Saya coba gali pendapat tim program Inklusi. Saya memulai membuka diskusi. Saya catat pendapat peserta diskusi di kertas plano

Selesai diskusi, informasi yang dibutuhkan sudah cukup dituangkan dalam matriks agar sistematis.

“Panitia yang kerja Pak. Semua tim program sudah memahami alur dan bagimana cara menjalankan intrumen tersebut,” kata Anti begitu ia disapa.

Disepakati hari Jumat, 12 Agustus, pukul 13,30 Wita di kantor YLP2EM, dilaksanakan evaluasi dengan mengundang semua panitia, notulen, fasilitator dan tim program.

Hasilnya ditulis berapa jumlah yang diperoleh untuk masing-masing kategori.

Untuk mengisi kolom analisis penilaian, saya mengajak peserta evaluasi berdiskusi menggali apa makna yang terkandung agar angka itu “berbicara”.

Mengisi kolom RTL/rekomendasi, saya mengajak peserta berdiskusi menggali apa solusi dari setiap kekurangan yang muncul pada kolom analisis penilaian atau mempositifkan kalimat negatif itu.

Proses menempel kertas pada kolom hasil penilaian, dilakukan secara bebas dan rahasia. Dilakukan di ruang lain sehingga ketika peserta evaluasi menempel kertasnya, tidak ada orang tahu dia menilai siapa.

Hasil dari evaluasi ini belum ideal seperti yang diharapkan tetapi setidaknya ada proses pembelajaran buat panitia dan notulen yang semuanya anak milenial.

Anak milenial itu bisa belajar bahwa kalau mau tahu hasil dari kerja tim, maka harus diavaluasi secara bareng-bareng, tidak boleh saling menyalahkan tetapi temukan solusinya agar berikutnya lebih bak lagi.

Evaluasi ini dilakukan dengan harapan agar 8 KK berikutnya yang akan difasilitasi mulai besok, hari senin tanggal 15 sampai hari jumat, tanggal 26 Agustus.

Semoga proses dan hasilnya lebih baik dari sebelumnya, evaluasi itu selalu ada pembelajaran yang bisa kita petik untuk meningkatkan kualitas pada kegiatan berikutnya. (*)

__Terbit pada
13 Agustus 2022
__Kategori
ESAI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.