IAIN Parepare Juara 1 Debat Nasional, Sisihkan Kampus Ternama

Tim debat Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare, patut diacungi jempol. Kampus Hijau Tosca, juara satu pada Kompetisi Debat Hukum Sam Ratulangi Law Fair IV Tahun 2022, di Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Lomba debat yang digelar Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi bekerjasama Lembaga Debat Hukum dan Konstitusi (LDHK), Kamis, 27 Juli 2022 itu mengantar IAIN Parepare, kembali unjuk gigi. Menyisihkan tim debat dari perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Tim debat hukum IAIN Parepare diawaki Muhammad Andri Alvian (Prodi HTN), Usmaida (Prodi HTN), dan Resky Karty Kahar (Prodi HPI), didampingi Wiwin, SH MH Muh. Aslamsyah, dan Nur Misyuari M (Official dan Tim Riset).

Pada babak penyisihan, tim Dewi Sartika, nama tim IAIN Parepare, bersaing dengan 15 tim debat hukum dari perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Ke-15 kampus itu, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Khairun, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Selain itu, Universitas Muhammadiyah Malang, UIN Sayyid Rahmatullah Tulungagung, UIN Alauddin Makassar, Universitas Jember, Universitas Mataram, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Bengkulu, dan Universitas Riau.

Tim debat IAIN Parepare lolos ke babak perempat final setelah menang melawan Universitas Muhammadiyah Malang dibabak penyisihan dengan mosi “Pemberian Hak Pilih bagi TNI/POLRI” dengan Victory Point 3-0.

Di babak perempat final tim debat IAIN Parepare berhadapan dengan tim debat UIN Sayyid Rahmatullah Tulungagung. Perdebatan dengan mosi “Hak Angket DPR terhadap KPK” itu berlangsung seru.

Tim debat IAIN Parepare yang menduduki standing position pro memastikan satu tempat di babak semifinal setelah unggul dengan skor victory point 3-1.

Pada babak semifinal tim debat IAIN Parepare berhadapan tim debat Universitas Gadjah Mada. Mosi yang diperdebatkan, “Putusan Inkonstitusional Bersyarat Menimbulkan Ketidakpastian Hukum”.

Setelah melalui perdebatan yang cukup ketat dan saling adu argumen, tim debat IAIN Parepare dinyatakan, berhak untuk maju ke babak final dengan skor victory point 2-1.

Pada babak final, tim debat IAIN Parepare, berhadapan dengan tim debat Universitas Andalas. Kedua tim saling adu argumen dengan perdebatan Pembentukan Bilik Bercinta di Lembaga Pemasyarakatan.

Hasil babak final menetapkan tim debat IAIN Parepare berhak meraih juara 1 dalam Kompetisi Debat Hukum Sam Ratulangi Law Fair IV Tahun 2022 setelah mengalahkan tim debat Universitas Andalas dengan skor 4-3.

“Alhamdulillah, akhirnya setelah beberapa kali mengikuti lomba debat nasional dan selalu gagal. Terbayarkan di perlombaan kali ini,” kata Resky Karty Kahar.

“Kami bersyukur, tim kami mendapatkan juara 1 setelah berhadapan dengan beberapa universitas ternama salah satunya UGM,” katanya.

“Terima kasih rekan-rekan tim dan bantuan dari coach debat kami,” ujarnya dikutip dari iainpare.ac.id.

Tim official dan coach, Wiwin. mengapresiasi pencapaian diraih tim . Prestasi ini berkat dukungan pimpinan kampus, dosen, dan komunitas debat STADIUM yang telah konsisten membantu tim debat dalam mengembangkan kemampuan.

“Saya berharap adik-adik terus belajar dan mengikuti kompetisi. Persiapkan diri mengikuti kompetisi debat konstitusi paling bergengsi yang akan digelar Mahkamah Konstitusi,” katanya. (*)

__Terbit pada
28 Juli 2022
__Kategori
Culture, Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.