Parepare Menuju Masyarakat Inklusif

Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dan Yayasan Lembaga Pengkajian Pengembangan Ekonomi dan Masyarakat (YLP2EM)- BaKTI bekerjasama mewujudkan masyarakat yang inklusif.

Kerjasama itu melalui penandatanganan kerja sama program kemitraan Australia Indonesia dalam program inklusi, di ruang pola Setdako, Senin, 11 Juli 2022.

Koordinator Program dan Spesialis Komunikasi Yayasan BaKTI, Gufron M Kurdi, berharap, program inklusi berkontribusi pada tujuan pembangunan yang lebih luas, sehingga banyak kelompok yang mendapat manfaat.

“Program inklusi disinkronkan dengan RPJMN dan RPJMD di wilayah yang fokus pada penghapusan kekerasan terhadap perempuan, pemenuhan hak disabilitas, dan kelompok rentan atau marjinal,” ujarnya.

Program inklusi, kata dia, membangun kemitraan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Pemerintah kota, media massa, dan kelompok masyarakat marginal.

Program inklusi didukung Pemerintah Australia yang dikoordinasikan Bappenas melalui Deputi Bidang Pembangunan Manusia Masyarakat dan Kebudayaan, Direktorat Keluarga, Perempuan, Anak Pemuda dan Olahraga.

Walikota Parepare, HM Taufan Pawe, menjelaskan, program inklusi relevan dengan brand Parepare sebagai kota cinta.

Memaknai cinta lebih luas. Mewujudkan kehidupan masyarakat tanpa diskriminasi suku, agama, ras maupun perbedaan fisik serta disabilitas.

“Kata inklusif sendiri memiliki makna sebagai sebuah pendekatan untuk membangun dan mengembangkan sebuah lingkungan yang terbuka, mengajak dan mengikutsertakan semua orang dengan beragam latar belakang,” urai Taufan Pawe.

Walikota berlatar belakang doktor hukum ini meminta organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi mitra YLP2EM agar pro aktif menjalankan kegiatan ini.

Bagi walikota dua periode ini, kepercayaan ini merupakan penghargaan, karena tidak semua kota mendapatkan kesempatan pendampingan.

“Saya minta semua OPD agar responsif menyikapi program YLP2EM dan ikut bermitra agar tercipta kehidupan yang inklusif,” jelasnya.

Apa itu inklusif?
Inklusif dalam bahasa Inggris (inclusion) berarti sebuah tindakan mengajak atau mengikutsertakan. Sebaliknya, eksklusif adalah tindakan membatasi atau memisahkan diri. (*)

__Terbit pada
12 Juli 2022
__Kategori
Culture

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.