IAIN Parepare Menuju Akreditasi Unggul

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, menuju akreditasi unggul. Yakni pretasi akademik dan non akdemik di atas standar nasional.

Mencapai itu Rektor bersama Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan para Ketua Program Studi (Kaprodi) di lingkup IAIN Parepare, mendesain program khusus mencapai 9 standar berbasis prioritas.

“Kita susun program sesuai skala prioritas dengan tiga indikator utama. Yakni, kemendesakan, kemanfaatan dan kemampuan,” kata Ketua LPM Dr. Muhammad Qadaruddin, saat Rapat Koordinasi Pemantapan Pelaksanaan Program dan Anggaran Tahun Ajaran 2022 dan Pemaparan Evaluasi Program tahun 2023, Kamis, 23 Juni 2022.

Mantan Ketua Program Studi (Prodi) Jurnalistik Islam itu, menceritakan, setiap Prodi memiliki kebutuhan berbeda-beda dalam hal persiapan akreditasi.

“Saat ini, kita sedang menyusun program kerja di tahun mendatang berbasis prioritas sesuai kebutuhan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Qadaruddin, memaparkan pokok-pokok program yang dapat mendukung mutu dan Tri Dharma perguruan tinggi.

Para ketua prodi diminta segera mengajukan program beserta Term of Reference (TOR) kegiatan kepada Rektor dengan memilih program yang diunggulkan dan menjadi skala prioritas.

Wakil Rektor I, Dr Saepudin, M.Pd, mengajak semua Prodi berkolaborasi dengan LPM dalam menyusun program agar terget yang telah disusun tercapai.

“Kita berharap, IAIN Parepare bisa meraih akreditasi unggul tahun 2023,” katanya.

Rektor IAIN Parepare Dr. Hannani, M Ag, berharap, setiap Prodi agar mengoptimalkan program yang mendukung akreditasi dan memberi dampak positif pada lulusan.

“Kita butuh program terstruktur sesuai kriteria akreditasi agar mahasiswa fokus pada pencapaian profil prodi,” kata Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kota Parepare itu.

Rektor ingin memastikan setiap alumni kelak dapat bekerja secara profesional sesuai bidang keahliannya.

Akreditasi unggul adalah sebuah peringkat yang akan diperoleh perguruan tinggi yang memenuhi aturan BANPT (Badan Akreditasi Nasional perguruan tinggi).

Akreditasi unggul itu ditetapkan untuk mengetahui jaminan mutu program studi dan perguruan tinggi.

Jaminan mutu yang dimaksud adalah mutu dalam bidang akademik maupun non akademik.

Selain itu, mengetahui jaminan mutu melalui akreditasi, misalnya calon mahasiswa akan mengerti kualitas perguruan tinggi dan program studi yang akan dipilih. (*)

__Terbit pada
24 Juni 2022
__Kategori
Culture, News
1

One comment on “IAIN Parepare Menuju Akreditasi Unggul”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.