ilustarsi Planet Baru

NASA Temukan Planet Terpanas, Seperti Apa?

Badan Penerbangan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil menemukan sebuah planet yang jaraknya lebih dekat Merkurius. NASA melaporkan permukaannya berisi lava panas, digambarkan seperti “neraka.”

Planet yang dinamakan 55 Cancri e itu berjarak 50 tahun cahaya, dan mengorbit begitu dekat dengan bintang yang mirip Matahari. Sehingga kondisi permukaannya terbakar secara konstan.

Planet itu diberi nama 55 Cancri e, berjarak kurang dari 1,5 juta mil dari bintangnya atau 1/25 jarak Merkurius super panas dari Matahari.

“Suhu permukaan jauh di atas titik leleh. Sisi siang hari planet ini diperkirakan tertutup lautan lava,” tulis NASA pekan lalu, dilansir phys.org.

NASA masih menyelidi, apakah planet ini “terkunci secara pasang surut, dengan satu sisi menghadap bintang setiap saat” atau ia berputar dengan cara akan menciptakan siang dan malam.

Sebelumnya, NASA telah menyelidiki menggunakan Teleskop Luar Angkasa Spitzer. Namun belum mampu mendeteksi sesuatu yang misterius terjadi di 55 Cancri e. Titik terpanas bukanlah bagian yang langsung menghadap bintangnya.

“Satu teori adalah bahwa planet ini memiliki “atmosfer dinamis yang memindahkan panas,” kata NASA.

“Selain itu, 55 Cancri e berputar untuk menciptakan siang dan malam. Dalam skenario ini, permukaan akan memanas, meleleh, dan bahkan menguap di siang hari, membentuk atmosfer yang sangat tipis yang bisa dideteksi Teleskop Luar Angkasa James Webb,” kata NASA.

“Pada malam hari, uapnya akan mendingin dan mengembun membentuk tetesan lava yang akan menghujani kembali ke permukaan, menjadi padat lagi saat malam tiba.”

Teleskop Luar Angkasa James Webb diharapkan akan beroperasi penuh dalam beberapa pekan ke depan. Teleskop ini mampu mendeteksi keberadaan atmosfer.

Tahun pertamanya akan mempelajari 55 Cancri e dan planet pengap LHS 3844 b, untuk mencoba dan memahami “evolusi planet berbatu seperti Bumi. (*)

Sumber : https://phys.org/news/2022-06-nasa-hell-scientists-brace-glimpse.html

__Terbit pada
5 Juni 2022
__Kategori
Sains
1

One comment on “NASA Temukan Planet Terpanas, Seperti Apa?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *