E-LEARNING MEDIA

Oleh : Khairunnisa Hatta

(Guru UPTD SMP Negeri 4 Parepare)

A. Mengapa dibutuhkan inovasi tersebut?

Pada tahun 2019 dunia dilanda wabah Covid-19 (Coronavirus Disease 2019). Covid-19 telah memberikan efek drastifikasi negatif bagi seluru elemen, termasuk pendidikan.

Mau tidak mau, proses pembelajaran di kelas harus dihentikan dan dialihkan pada sistem pendidikan online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

UPTD SMP Negeri 4 Parepare, harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar daring. Kehadiran pembelajaran jarak jauh ini masih bersifat asing, khususnya bagi pengajar yang tergolong generasi non milenial.

Hal ini tentu menimbulkan banyak kesulitan sehingga sebuah pembelajaran yang bermutu dan esensial susah untuk dijalankan. Beberapa guru yang masih merem teknologi, hanya mengandalkan umpan materi berupa teks online.

Kondisi itu membuat siswa bosan karena tidak adanya kehadiran seorang guru dalam suasana pembelajarannya. Hasil observasi saya, siswa UPTD SMP Negeri 4 Parepare memiliki motivasi belajar yang rendah. Metode yang disampaikan guru monoton, hanya mengandalkan materi berbentuk teks resume.

Selain itu, hasil belajar siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Parepare menunjukkan bahwa siswa belum mencapai batas ketuntasan.

Permasalahan ini perlu dicarikan solusi supaya dapat tertangani degan tepat. Salah satu langkah dalam membuat pembelajaran PAI yang efektif adalah dengan merancang bahan ajar atau media pembelajaran yang inovatif.

Penggunaan media pembelajaran berupa vidio animasi dan games edukatif dapat digunakan guru untuk membangkitkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Media yang beragam menjadi solusi ketika sulit melakukan tatap di masa pandemic seperti saat ini.

B. Apa inovasinya?
Beberapa media pembelajaran yang bisa diterapkan pada pembelajaran daring di masa pandemi ini yang berbasis E-Learning Media yang meliputi Media KineMaster dan WordWall.

KineMaster merupakan aplikasi android yang berfungsi untuk melakukan 3 kegiatan sekaligus, yaitu merekam, menampilkan materi, dan melakukan kegiatan pembelajaran dengan video yang dilengkapi dengan fitur lengkap seperti gambar, recorder dan vidio.

Media KINEMASTER ini sangat praktis. Pengguna dapat merasakan fasilitas fitur yang menyerupai layar LCD dan Pentab dalam satu genggaman smartphone saja, sehingga hal ini menjadikan guru lebih mudah mengatur mobilitasnya dalam memberikan pembelajaran yang efektif.

Sedangkan WordWall merupakan situs aplikasi yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, sumber belajar atau alat penilaian berbasis daring yang menarik bagi siswa.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah mempunyai banyak template yang dapat dibuat oleh guru. Aplikasi yang berbasis website ini dapat digunakan untuk media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelomppokkan dan lainnya.

Selain pengguna dapat menyediakan akses media yang telah dibuat melalui daring dan membuat alat evaluasi dalam pembelajaran tidak terkesan menegangkan karena dikemas dalam permain games yang variatif dan menyenangkan.

C. Mekanisme Inovasi
Dalam pelaksanaan inovasi ini penulis melakukan dengan 7 tahapan kegiatan:

Kegiatan 1
Melakukan konsultasi dengan Kepala Sekolah. 1) Menunjukkan isu-isu yang akan diangkat pada rancangan kegiatan. Pada tahapan ini, penulis mengumpulkan isu yang berkembang di UPTD SMP Negeri 4 Parepare, lalu menunjukkan kepada Kepala Sekolah dengan memaparkan beberapa alasan mengapa isu tersebut diangkat.

2) Berdiskusi dengan Kepala sekolah terkait isu yang akan diangkat. Pada tahapan dengan menggunakan teknik USG. Teknik USG dipilihlah isu utama berupa belum optimalnya pembelajaran jarak jauh yang berakibat pada menurunnya motivasi belajar siswa. Penulis memaparkan beberapa gagasan untuk memecahkan permasalahan tersebut.

KEGIATAN 2
Menyesuaikan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran.
1. Menyusun rancangan kegiatan pembelajaran mulai dari pendahuluan, kegiatan inti hingga penutup. Pada tahapan ini, penulis menyusun RPP dengan KD menyesuaikan jadwal pada hari pelaksanaan, yakni KD yang didapat adalah Thaharah (Hadas dan Najis)
1) Memasukkan media pembelajaran yang akan digunakan ke dalam rancangan pembelajaran. Pada tahapan ini, penulis menyesuaikan isi RPP dengan media yang akan digunakan, yaitu media KineMaster dan WordWall.

2) Mendiskusikan RPP dengan guru senior. Pada tahapan ini, penulis meminta meminta masukan kepada guru senior rumpun PAI terkait RPP yang telah dibuat agar susunan RPP ideal sesuai dengan standar RPP model PJJ. Meminta masukan kepada guru senior rumpun.

KEGIATAN 3
Membuat lembar penilaian dan kuesioner (pre-test) tentang pembelajaran dengan menggunakan media KineMaster dan WordWall. Kemudian menyiapkan soal-soal pre test, daftar hadir, hasil pre test.

Pelaksanaan pre test ini dilakukan untuk mengukur kemampuan awal peserta didik dalam memahami sebuah materi. Dalam kegiatan ini ada beberapa tahapan kegiatan yang di mulai dari membuat soal pre test itu sendiri kemudian melaksanakan pre test serta penilaian hasil pre test.

Kemudian membuat instrumen penilaian dan kuisioner tentang pembelajaran. Pada tahapan ini, penulis menyusun instrumen post test berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 soal.

Materi soal menyesuaikan dengan materi pada hari pelaksanaan, yaitu materi Thaharah (Hadas dan Najis). Selanjutnya penulis menyusun kuisioner respon siswa terhadap media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu media KineMaster dan WordWall.

Kuesioner ini digunakan untuk mengetahui respon kepuasan siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan. Adapun kuisioner berjumlah 5
rtanyaan dengan jawaban ya atau tidak.

Menunjukkan instrumen penilaian dan kuisioner kepada Kepala Sekolah. Pada tahapan ini, penulis berkonsultasi kepada guru senior terkait instrumen penilaian dan kuisioner yang telah dibuat guna mendapatkan arahan dan koreksi dari guru senior.

Memasukkan instrumen penilaian dan kuesioner ke FromsApp. Pada tahapan ini, penulis memasukkan instrumen penilaian dan kuisioner ke dalam portal FromsApp agar memudahkan siswa dalam mengakses dan memudahkan guru dalam melakukan evaluasi karena dalam sistem FromsApp terdapat sistem penilaian dan analisis hasil secara otomatis.

KEGIATAN 4
Menyiapkan materi ajar dengan menggunakan media KINEMASTER dan Youtube.

Menginstal aplikasi KineMaster dan membuat materi menggunakan media KineMaster, dan mengunggah
video di portal Youtube.

Menyiapkan materi ajar dengan menggunakan media KINEMASTER dan Youtube.
Membuat instrumen penilaian dan kuisioner tentang pembelajaran. Mengunduh aplikasi KineMaster melalui Playstore.

Pada tahapan ini, penulis mengunduh aplikasi KineMaster melalui Playstore di HP android penulis, lalu menginstalnya.

Membuat materi dengan menggunakan media KineMaster. Pada tahapan ini, penulis menyampaikan materi tentang Thaharah melalui media KineMaster di HP Android penulis.

Mengevaluasi hasil belajar dengan aplikasi WordWall
Pada tahapan ini, materi yang telah dibuat melalui media KineMaster kemudian mengevaluasi hasil belajar dengan games edukasi yang terdapat di aplikasi WordWall.

Setelah terunggah di youtube, penulis mencantumkan link FromsApp penugasan dan kuisioner di kolom deskripsi WordWall.

KEGIATAN 5
Melaksanakan pembelajaran PAI dengan menggunakan media KineMaster dan WordWall.
1. Membagikan link Youtube berisi materi
2. Tersampaikannya materi pembelajaran
3. Penugasan melalui games edukasi ke kanal WordWall.

Pada tahap ini, guru memulai kelas PJJ melalui WA dengan sapaan ceria. Guru model membuka kelas PJJ melalui grup kelas mata pelajaran di Whatsapp.

Membagikan link materi video Youtube yang telah dibuat menggunakan media KineMaster. Pada tahapan ini, setelah penulis membuka kelas dengan, penulis membagikan link video Youtube yang berisi materi pembelajaran pada hari tersebut.

Memberikan soal sebagai bentuk evaluasi belajar siswa.
Pada tahapan ini, siswa diwajibkan mengerjakan penugasan melalui games edukasi ke kanal WordWall.

Memberikan instrumen kuisioner untuk diisi dengan jujur tentang kepuasan hasil belajar dengan media baru.
Pada tahapan ini, setelah siswa mengerjakan penugasan, siswa diwajibkan mengisi form kuisioner kepuasan terhadap media pembelajaran menggunakan KineMaster dan WordWall dengan jawaban sejujur-jujurnya.

KEGIATAN 6
Melakukan Post Test.
Pelaksanaan post test ini di lakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari pemberian model pembelajaran Berbasi Media terhadap pengetahuan peserta didik.

Hasil ini akan menjadi bahan evaluasi ke depannya untuk guru mata pelajaran. Dalam kegiatan ini ada beberapa tahapan diantaranya, proses pembuatan soal, pelaksanaan dan proses penilaian.

Melakukan penilaian hasil belajar siswa dengan teliti dan netral. Pada tahapan ini, penulis mengunduh hasil penilaian siswa di FromsApp secara otomatis dan mengamati nilai siswa satu per satu.

Secara umum, pembelajaran yang dilaksanakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan media KineMaster dan WardWall dengan ketuntasan 100%.

Hasil kenaikan dalam capaian belajar ini akan ditampilkan pada tabel perbandingan hasil belajar sebelum dan setelah tindakan berikut.

Menunjukkan hasil penilaian kepada siswa. Pada tahapan ini, setelah penulis mengunduh dan mengamati hasil nilai siswa, guru membagikan hasil penilaian kepada siswa sebagai bentuk keterbukaan dalam evaluasi pembelajaran.

Merekapitulasi hasil kuisioner yang telah diisi siswa
Pada tahapan ini, guru merekapitulasi hasil kuisioner respon siswa terhadap media KineMaster dan WordWal melalui FromsApp.

Adapun respon siswa terhadap penggunaan media KineMaster dan Youtube secara garis besar dapat dikatakan baik. Secara umum 100% siswa mengaku pembelajaran dengan menggunakan media KineMaster dapat membantu mereka lebih mudah memahami materi, membuat mereka lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, lebih mendekatkan diri dengan guru pembelajar, dan lebih baik daripada pembelajaran tekstual.

KEGIATAN 7
Menyusun laporan kegiatan.
Pada tahapan ini, penulis menyampaikan hasil kegiatan yang telah dilakukan dan meminta masukan dan arahan terkait penyusunan laporan kegiatan.

Berkoordinasi kepala sekolah terkait hasil laporan kegiatan yang telah dilaksanakan dan meminta arahan terkait bentuk laporan kegiatan.

Menyusun hasil kegiatan ke dalam bentuk laporan kegiatan. Pada tahapan ini, peserta menyusun laporan sesuai dengan hasil tindakan yang telah dilaksanakan.

D. Manfaat dan Dampak Inovasi
Bagi Guru
Meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam pemecahan masalah yang sedang dihadapi oleh satuan kerja.

Bagi Satuan Kerja
Memberikan variasi metode pembelajaran yang kreatif dalam situasi pandemi guna meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan.

Bagi Peserta Didik
1) Meningkatkan motivasi belajar siswa
2) Memberikan kebermaknaan dalam belajar.(*)

__Terbit pada
2 Juni 2022
__Kategori
ESAI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *