Resmikan Gedung Pinisi, Rektor UNM Segera Buka Fakultas Kedokteran di Kampus V

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr H Husain Syam, MTP IPU ASEAN Eng, telah meresmikan Gedung Serbaguna Kampus V UNM Parepare, Sabtu, 14 Mei 2022.

“Secara pribadi dan kelembagaan, saya bersyukur dan diberi kekuatan untuk menghadirkan gedung serba guna ini,” Prof Husain Syam.

“Gedung ini bisa digunakan apa saja, mulai dari pesta pernikahan hingga kegiatan akademik. Kampus harus dekat dengan masyarakat dan menjawab kebutuhan masyarakat,” katanya.

Rungan bangunan empat lantai tersebut bakal digunakan sebagai kantor, ruang kuliah, dan praktik mahasiswa.

Kini, UNM memiliki 6 kampus, 4 di Makassar. Kampus Pertama di Gunungsari sebagai pusat pelayananan administrasi dengan Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, serta Pascasarjana.

Kampus Kedua berada di Parang Tambung dengan 4 Fakultas yakni Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Seni dan Desain.

Kampus tiga di Banta-bantaeng khusus Fakultas Ilmu Keolahragaan serta kampus keempat di Tidung yang khusus Fakultas Ilmu Kependidikan. Kampus lima di Parepare dan Kampus enam di Kabupaten Bone.

“Sementara di kampus Parepare telah membina sembilan program studi, dan akan membentuk satu program studi baru yakni Program Studi Ilmu Kedokteran,” tuturnya.

“Jika tak ada halangan, maka pekan depan, UNM dan Pemkot Parepare beserta Rumah Sakit Regional Hasri Ainun Habibie serta RSUD Andi Makkasau akan bekerjasama menghadirkan Fakultas Kedokteran UNM di Parepare,” tulis Prof Husain Syam di akun Facebooknya.

Fakultas kedokteran, kata Prof Husain Syam, akan meminjam Rumah Sakit Andi Makkasau dan Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie sebagai lokasi praktiknya.

Mematangkan pembukaan Fakultas Kedokteran, Rektor UNM sudah melakukan studi banding ke Universitas Pendidikan Ganesha di Singaraja, Bali pada bulan Januari 2022.

Universitas Pendidikan Ganesha merupakan universitas Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) pertama yang membuka program studi kedokteran.

“Gedung Pinisi di kampus V ini sebagai icon Kota Parepare dan akan memberi semangat kerja bagi dosen dan kebanggaan bagi mahasiswa.”

Wakil Walikota Parepare, H Pangeran Rahim, mengatakan, gedung ini sesuai dengan taglini Kota Parepare membangun kota industri tanpa cerobong asap.

“Salah satunya adalah mendorong peningkatan kapasitas pembangunan manusia. Semoga kehadiran Kampus UNM ini Indeks Pembangun Manusia (IPM) Kota Parepare semakin baik,” kata Pangeran Rahim. (*)

__Terbit pada
16 Mei 2022
__Kategori
Culture

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.