Dr Hannani Terpilih Rektor IAIN Parepare dan Prof Syahabuddin Rektor IAIN  Bone

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini melantik, Dr Hannani, M Ag sebagi Rektor IAIN Parepare dan Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Bone.

Keduanya dilantik bersama 26 Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) dan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Agama, di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.

Menteri Yaqut Cholil Qoumas, mengajak pejabat baru dilantik, memanfaatkan jabatan sebagai sarana dan wasilah untuk meningkatkan pengabdian kepada umat, bangsa dan negara.

“Jabatan bukanlah kesempatan untuk berbuat aji mumpung, tetapi sebuah amanah yang akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, di samping pertanggungjawaban secara administratif di dunia ini,” kata Menag dikutip  kemenag.go.id.

Selain itu, Menag berpesan, setiap pejabat, baik yang menjabat karena promosi maupun rotasi, diminta agar menaati sumpah jabatan yang diikrarkan dengan menyebut nama Tuhan dan di bawah kitab suci agama.

Ia meminta pejabat dilantik  menggunakan seluruh kemampuan intelektual, kemampuan kepemimpinan dan manajerial serta kemampuan sosio-kultural dalam melaksanakan tugas dan pengabdian secara totalitas.

Selamat

Sementara itu,  Dr Hannani, saat mendaftar jadi Rektor,  menyampaikan visi ingin menjadikan IAIN Parepare, perguruan tinggi  unggul sebagai pusat kajian keislaman integratif dengan sains dan budaya.

Ketua Tanfidziah PCNU Kota Parepare dan Pembina Pondok Pesantren Zubdatul Asrar Lappa Angin itu, meminta doa dan dukungan agar dalam menjalankan amanah berjalan dengan baik.

Sebelumnya, ucapan selamat kepada Pak Kiai begitu ia disapa, beredar di grup-grup WA baik internal maupun eksternal IAIN Parepare.

Ucapan selamat itu disampaikan sivitas akademika IAIN Parepare, alumni, aktivis mahasiswa, serta kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Mantan Rektor dua periode (STAIN dan IAIN),  Dr Ahmad S. Rustan, berharap seluruh sivitas akademika IAIN Parepare memberikan dukungan penuh pada rektor terpilih.

“Saya sangat yakin, pilihan Menag adalah pilihan yang tepat dengan pertimbangan yang mendalam demi masa depan IAIN Parepare yang lebih baik.”

“Saya berharap Pak Hannani selaku rektor dapat mempertahankan iklim akademik dan kebersamaan yang telah terbangun selama ini. Termasuk melanjutkan transformasi IAIN menjadi Univeraitas Sains Islam,” katanya dikutip iainparepare.ac.id.

Bagi Ahmad S. Rustan, tranformasi IAIN Parepare menjadi Universitas Sains Islam bukan sebuah ikatan atau keharusan.

“Jika ke depannya ada perkembangan baru atau gagasan baru terkait tranformasi tersebut, maka tidak masalah bukan Universitas Sains Islam. Paling penting kita bisa berubah menjadi universitas,” katanya.

“Terakhir, saya ucapkan selamat kepada Bapak Hannani sebagai Rektor periode 2022-2026. Semoga IAIN Parepare lebih berkembang dan lebih maju dalam kepemimpinan Bapak. Selamat bekerja Pak,” ujarnya.

Berikut nama pimpinan PTKN dan jabatan tinggi pratama yang dilantik:

1. Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag., sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Bone.

2. Prof. Dr. Idi Warsah, M.Pd.I., sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Curup.

3. Dr. Wahidul Anam, M.Ag., sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Kediri.

4. Dr. Hannani, M.Ag., sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Parepare.

5. Dr. Irawan, S.Ag., M.S.I., sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.

6. Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd., sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Madura.

7. Prof. Dr. Ir. Albiner Siagian, sebagai Rektor Institut Agama Kristen Negeri Tarutung.

8. Dr. Yance Zadrak Rumaruhu, S.Si., M.A., sebagai Rektor Institut Agama Kristen Negeri Ambon.

9. Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd., sebagai Rektor Institut Agama Kristen Negeri Manado;

10. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal;

11. Dr. Muhammad Faisal, M.Ag., sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

12. Akhmad Fauzin, S.Ag., M.Si,, menjadi Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Agama.

13. Dr. H. Susari, M.A., menjadi Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu Sekretariat Jenderal Kementerian Agama;

14. Aceng Abdul Azis, S.Ag., M.Pd., menjadi Inspektur Wilayah III Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.

15. H. Ahmad Abdullah, S.Ag., M.A.P., menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama;

16. H. Arsad Hidayat, Lc., M.A., menjadi Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama.

17. I Made Santika, S.Sos., M.Si., menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama

18. Dr. Syafitri Irwan, S.Ag., M.Pd.I., menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan.

19. Puji Raharjo, S.Ag., S.S., M.Hum., menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung.

20. Drs. H. Ajam Mustajam, M.Si., menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat;

21. H. Yamin, S.Ag., M.Pd.I., menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.

22. Luksen Jems Mayor, S.Sos., menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat.

23. Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd., menjadi Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

24. Drs. H. Adnan Nota, M.A., menjadi Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan dan Kepegawaian Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

25. Dr. H. Kaswad, S.Ag., M.Ag., menjadi Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar;

26. Rina Meutia, S.E., M.E., menjadi Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri Langsa.

27. Drs. H. Amrun Saleh, M.A., menjadi Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri Gajah Putih Takengon.

28. Ali Murni, S.Ag., M.A.P., menjadi Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

29. Dr. H. M. Arsyad Ambo Tuo, M.Ag., menjadi Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri Sorong.(*)

__Terbit pada
27 April 2022
__Kategori
News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.