TULANG, JUMLAH DAN FUNGSINYA

Oleh : Dr. Ir. Drs. H. Muhammad Arsyad, A.Md, M.T, IPM

Al-Qur’an memegang kunci peradaban manusia. Ayat-ayatnya kadang menyembunyikan makna sebenarnya dan harus dijelaskan lebih detail lewat hadits atau lewat ilmu pengetahuan.

Saintis non muslim melakukan penyelidikan berdasarkan teori yang dibangun sebelumnya dan awalnya tidak tahu bahwa itu ada dalam Al-Qur’an. Nanti setelah saintis berinteraksi dengan Islam, mereka menyadari atau mereka mendapat Rahmat?

Allah swt selalu mempunyai skenario indah untuk membuktikan FirmanNya.
Hari ke-24 ini, penulis masih bicara tentang tulang yang merupakan kelanjutan dari bahasan sebelumnya tentang tulang belulang manusia.

Bahasannya meliputi jumlah dan fokus ke fungsinya.
Rusman H Siregar menulis bahwa pengetahun Rasulullah Muhammad saw yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360 sangat menakjubkan.

Para ilmuwan pun kaget dengan pengetahuan dan kebenaran Hadis Rasulullah Saw tersebut, padahal pengetahuan tentang anatomi manusia belum ada informasi sebelumnya.

Rasulullah Saw mengemukakan itu tentu karena Allah swt memberitahukannya melalui Al-Qur’an. Sejak 1.400 tahun lebih lalu, Rasulullah menyampaikan hal ini. Pengetahuan tentang sendi manusia ini merupakan salah satu bukti kebenaran Hadist.

Sendi berperan penting dalam sistem pergerakan tubuh. Beberapa definisi menyebutkan bahwa sendi merupakan titik di mana dua tulang saling berhubungan.

Ada pula yang menyebutkan bahwa sendi adalah hubungan yang kuat antara anatomi tulang, tulang rawan dan gigi satu sama lain.

Setidaknya, ada tiga macam sendi, yaitu sendi sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis. Masing-masing sendi tersebut memiliki fungsi tersendiri sehingga manusia dapat menjalankan aktivitas sehari-sehari. Ada banyak sendi dalam tubuh yang berfungsi untuk memberikan kestabilan pada tubuh manusia.

“Kita bisa membayangkan jika dengkul tidak punya sendi, bagaimana manusia bisa bergerak atau berjalan,” demikian penjelasan Qaf Media Channel dalam kanal Youtube yang mengulas kebenaran Hadist Rasulullah Saw, tentang jumlah persendian manusia.

Semua sabda Rasulullah bisa dibuktikan oleh sains. Rasulullah saw menegaskannya dalam Hadis shahih berikut. إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِى آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلاَثِمَائَةِ مَفْصِلٍ “Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian.” (HR. Muslim 2377).

Sayyidah Aisyah ra, Rasulullah bersabda: “Setiap manusia keturunan Adam diciptakan di atas 360 persendian. Barang siapa yang bertakbir, bertahmid, bertahlil, bertasbih, dan beristighfar kepada Allah, menyingkirkan batu, atau duri atau tulang dari jalan, memerintahkan kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran sejumlah persendian itu maka ia telah berjalan menjauhi api neraka.” (HR Muslim No 1675).

Persendian dalam Bahasa Arab disebut “Al-Sulama”. Persendian ini memungkinkan tulang bergerak secara luwes (sendi diartrosis).

Dr Hamid dalam bukunya “Rihlah al-Iman fi Jism al-Insan” (Wisata Iman dalam Tubuh Manusia) menyatakan bahwa jumlah keseluruhan persedian tulang manusia adalah 360 sebagaimana disebut dalam Hadist Rasulullah Saw di atas.

Ia merincikan sebagai berikut.
Tulang Belakang yang meliputi 147 persendian: 25 sendi antara tulang-tulang belakang 72 sendi antara tulang-tulang belakang dan rusuk 50 sendi antara tulang-tulang belakang melalui tonjolan-tonjolan kecil samping.

Tulang Dada yang meliputi 24 persendian: 2 sendi antara tulang dada dan rongga dada 18 sendi antara tulang-tulang dada dan kepala -2 sendi antara tulang-tulang selangka dan belikat 2 sendi antara tulang-tulang belikat dan dada.

Tulang tubuh bagian atas mencakup 86 persendian: 2 sendi antara tulang-tulang bahu 6 sendi antara tulang-tulang siku 8 sendi antara tulang-tulang pergelangan tangan 70 sendi antara tulang-tulang tangan.

Tulang tubuh bagian bawah mencakup 90 persendian: 2 sendi paha 6 sendi antara tulang-tulang dua lutut 6 sendi antara tulang-tulang pergelangan kaki 74 sendi antara tulang-tulang telapak kaki 4 sendi antara tulang-tulang lutut.

Tulang tubuh bagian dalam mencakup 11 persendian: 4 sendi antara tulang-tulang ekor 6 sendi antara tulang-tulang pinggul – 1 sendi pada sambungan tulang alat vital.

Jumlah seluruhnya 147 + 24 + 86 + 92 + 11 = 360 sendi.
Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
« يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى » ”
“Pada pagi hari diwajibkan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Begitu juga amar makruf (memerintahkan kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan Sholat Dhuha sebanyak 2 rakaat.” (HR Muslim 1704).

Ingatlah ketika Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

قَا لَ رَبِّ اِنِّيْ وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّيْ وَا شْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَّلَمْ اَكُنْ بِۢدُعَآئِكَ رَبِّ شَقِيًّا

“Dia (Zakaria) berkata, “Ya Tuhanku, sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, ya Tuhanku.”
(QS. Maryam 19: Ayat 4).

Ayat ini berbicara tentang tulang, usia, dan fertilitas. Sains modern membuktikan bahwa tulang memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan manusia. Tulang mengandung fosfor dan kalsium yang diperlukan tubuh, kemudian mendistribusikannya dengan cara mengatur denyut jantung dan gerakan otot.

Jantung adalah organ vital yang berfungsi sebagai pemompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.
Selama masa hidupnya, tulang secara terus menerus menghasilkan sel darah, seperti leukosit dan eritrosit.

Sains modern juga telah menentukan bahwa kondisi dari tulang memiliki pengaruh langsung terhadap sistem saraf. Pengaruh ini berdampak langsung kepada kemampuan seseorang untuk berproduksi dan memiliki anak, hal ini secara tepat dikemukakan Allah swt dalam Al-Qur:an. Allahu a’lam bisshawab. (*)

Penulis adalah Pengajar Mk. Ilmu-ilmu Kebumian di UNM Makassar dan Peneliti Karst.

Ilustrasi tulang belikat (FREEPIK) diunduh via kompas.com

__Terbit pada
26 April 2022
__Kategori
Ramadhan, Sains

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.