Jurnalistik Islam IAIN Parepare Goes to School

Program Studi Jurnalistik Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, gelar Goes to school di Bumi Lasinrang, selama tiga hari (26-28) Maret 2022.

Ajang Goes to School kali ini, mahasiswa bersama dosen mengunjungi SMAN 7 Pinrang, Sulawesi Selatan. Mereka perkenalkan Prodi Jurnalistik Islam kepada peserta didik.

Ketua Prodi Jurnalistik Islam, IAIN Parepare, Dr Muhammad Qadaruddin, mengatakan, Goes to School di SMA Negeri 7 Pinrang untuk mengenalkan Prodi Jurnalistik Islam kepada peserta didik.

“SMAN 7 Pinrang memiliki segudang prestasi dan Prodi Jurnalistik Islam bisa menjadi wadah bagi lulusan SMAN 7 Pinrang mengaktualisasikan prestasinya,” katanya.

Prodi Jurnalistik, kata dia, menawarkan kurikulum link and match dengan dunia kerja dengan kampus berbasis lokal wisdom dan edu Wisata.

“Kami memiliki mata kuliah berbasis budaya lokal, seperti jurnalisme sastrawi dan jurnalisme lingkungan,” ujarnya.

Prodi Jurnalistik Islam, kata dia, siap mencetak penulis, jurnalis profesional, editor, peneliti, fotografer, videografer.

Prospek kerja alumni diantaranya wartawan, jurnalis, videografer dan fotografer, peneliti bidang jurnalistik, layouter, analisis humas dan protokol, developer digital, penulis atau editor.

“Jurnalistik Islam memiliki Laboratorium Fotografi untuk membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan di bidang fotografi,” katanya.

Memiliki visi pengemban kajian jurnalistik Islam dan akulturasi budaya dan Islam berbasis teknologi informasi.

Prodi Jurnalistik Islam sejak tahun 2017 memiliki kualifikasi pengajar di bidang komunikasi, jurnalistik dan dakwah, 50 persen pengajarnya memiliki kualifikasi doktor dan 50 persen kualifikasi magister.

Selain itu, kata dia, Jurnalistik Islam, memiliki program literacy media dan telah menerbitkan puluhan buku.

Pada Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka wisuda periode II tahun akademik 2021-2022, meluluskan 664 lulusan yang terdiri 603 lulusan Program Strata Satu dan 61 lulusan Program Magister.

Salah satu alumni pertama Jurnalistik Islam, Sunarti meraih predikat sebagai lulusan terbaik dengan nilai IPK 3.91.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas UPT SMAN 7 Pinrang, Habsia,  mengapresiasi, mahasiswa dan dosen Prodi Jurnalistik Islam IAIN Parepare,  berbagi pengetahuan di sekolahnya.

“Terima kasih telah memilih sekolah kami sebagai salah satu sekolah yang di kunjungi pada ajang Goes to School,” katanya.

Habsia mengaku, bangga karena Prodi Jurnalistik Islam memiliki prestasi-prestasi yang luar biasa dengan akreditasi baik.

Ketua Panitia Mifdah Hilmiyah,
berharap peminat dari Prodi Jurnalistik Islam terus meningkat setiap tahun.

“Saya berharap, peminat prodi Jurnalistik Islam meningkat dari tahun ke tahun,” katanya. (*)

__Terbit pada
27 Maret 2022
__Kategori
Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.