Berselancar Sambil Literasi di Website IGI Sulsel

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan IGI Wilayah Sulawesi Tenggara, meluncurkan website IGI Sulawesi Selatan, Ahad, 30 Januari 2022.

Peluncuran website ini dirangkaikan dengan pelatihan menulis berita, selama tiga hari, (30 Januari-1 Feberuari).

Ketua IGI Wilayah Sulawesi Selatan, Arfiani Babay, mengatakan, pelatihan melatih kemampuan menulis pengurus dan anggota di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Kegiatan digelar secara daring ini dihadiri Plt Kepala LPMP Sulsel Dr. H Abdul Halim Muharram, M.Pd dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara Asrun Lio, M.Hum Ph.D

Pengurus dan anggota IGI dibekali trik menulis straight news, mengandung unsur what (apa yang terjadi), where (di mana peristiwa terjadi), when (kapan peristiwa terjadi).

Why (kenapa bisa terjadi), who (siapa yang terlibat dalam peristiwa itu), dan how (bagaimana runtutan detail atau kronologi kejadian, serta dampak.

“Setelah mendapatkan materi trik dan tips menulis berita, pengurus IGI di daerah, bisa menulis dan mempublikasikan kegiatannya di daerah melalui website IGI,” harap Arfiani.

Sementara itu, Ketua Wilayah IGI Sulawesi Tenggara, Baharuddin, mengatakan, pihaknya telah menyediakan hosting secara gratis bagi seluruh pengurus wilayah IGI di Indonesia yang ingin membangun website IGI.

“Pengurus wilayah cukup menyediakan domain. Kami menyediakan hosting secara gratis,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, M.Hum Ph.D, mengapresiasi peluncuran website IGI Sulsel dan pelatihan menulis digelar IGI Sulsel dan Sultra.

Asrun mengajak, guru-guru menuliskan dan publikasikan kegiatan di sekolah. Saat ini, kata dia, informasi pendidikan sangat dibutuhkan masyarakat.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat IGI, Danang Hidayatullah, mengapresiasi pelatihan menulis berita dan pelucuran website IGI Sulsel. Ia mengajak anggota dan pengurus IGI Sulsel, memanfaatkan website itu, menggaungkan literasi.

“Saya mengapresiasi pelatihan menulis ini. Gaungkan berita-berita dan informasi dari sekolah,” katanya. (*)

__Terbit pada
30 Januari 2022
__Kategori
Culture
2

2 comments on “Berselancar Sambil Literasi di Website IGI Sulsel”

  1. Alhamdulillah, Terima kasih atas pencerahannya, semoga apa yang telah kami dapatkan dapat kami apalikasikan, Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.