ilustrasi

Cara Download Sertifikat Vaksin Lewat WhatsApp

Sertifkat vaksin kini sangat penting, sebab menjadi syarat untuk melakukan berbagai aktivitas. Misalnya, untuk perjalanan jauh dengan pesawat atau kapal laut.

Kabar baik bagi Anda yang telah divaksin Covid-19. Kini, sertifikat vaksin bisa diunduh melalui layanan chatbot WhatsApp PeduliLindungi.

Warga dapat memanfaatkan aplikasi berbagi pesan WhatsApp untuk mengunduh sertifikat vaksin itu.

Sebelumnya, sertifikat vaksin didownload atau diunduh melalui aplikasi dan situs PeduliLindungi, setelah sebelumnya melakukan login.

Jika terjadi masalah dengan sertifikat vaksina itu, warga dipersilakan melakukan pengaduan melalui email dan Call Center 119.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menambah layanan chatbot WhatsApp PeduliLindungi untuk mempermudah layanan yang berkaitan dengan sertifikat vaksin.

Sesuai informasi dari Instagram @indonesiabaik.id, warga bisa download sertifikat vaksin melalui chatbot WhatsApp PeduliLindungi.

Selain download atau mengunduh sertifikat, warga juga bisa mengajukan pengaduan untuk mengganti data sertifikat yang salah. Misalnya, nama serta mengecek status vaksinasi.

Cara doownload sertifikat vaksin, silakan hubungi WhatsApp Kemenkes RI di nomor 081110500567. Kemudian akan muncul tulisan “Selamat datang di WhatsApp resmi Kemenkes RI”, klik pada Menu Utama dan pilih layanan.

Pilih “Sertifikat Vaksin” pada Menu Utama. Masukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi.

Tahap berikut, masukkan kode OTP yang dikirimkan kepada nomor telepon yang dimasukkan sebelumnya.

Pilih menu “Download Sertifikat” untuk mengunduh sertifikat vaksin Anda.

Selain itu, Kemenkes juga memberikan layanan cara mengganti data sertifikat vaksin yang salah. Sila hubungi WhatsApp Kemenkes RI di nomor 081110500567.

Akan tampil tulisan “Selamat datang di WhatsApp resmi Kemenkes RI”, klik pada Menu Utama dan pilih layanan. Pilih “Sertifikat Vaksin” pada Menu Utama.

Lalu masukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi. Masukkan kode OTP yang dikirimkan kepada nomor telepon yang dimasukkan sebelumnya.

Pilih “Ubah Data Diri”. Anda akan diminta memasukkan nama yang digunakan mendaftar vaksin.(*)
Sumber : Solusinews.id
Ilustrasi  chatbot WhatsApp PeduliLindungi (liputan6.com)

__Terbit pada
21 November 2021
__Kategori
Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *