ilustrasi KSN

Peserta KSN Wakil Sulsel dan Jadwal Seleksi Nasional

Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Dikti, telah menetapkan peserta Kompetisi Sains asional (KSN) setiap provinsi. Pada ajang kompetis sains nasional ini, Sulawesi Selatan, diwakili 21 peserta didik dari berbagai kabupaten dan kota.

Berikut nama peserta didik yang akan bersaing menjadi terbaik di tingkat nasional.

Peserta KSN Bidang IPS
1. KARMILASARI SMP NEGERI 3 TELLU SIATTINGE KABUPATEN BONE
2. NADHIFAH NUR ZAHIRAH SMP SEMEN TONASA I KABUPATEN PANGKEP
3. RAFAEL NASEA SMP NEGERI 1 BARUPPU KABUPATEN  TORAJA UTARA
4. RESTI PASAMA SMP NEGERI 2 BALUSU KABUPATEN TORAJA UTARA
5. MAIA FHAUZIAH SMP NEGERI 1 PITUMPANUA KABUPATEN WAJO
6. FATUR PUTRA TJIUNAR UPT SPF SMP NEGERI 6 MAKASSAR
7. ANDI MAHGFIRAH UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE
8. RANIA HARITZAH NURUL AYNI UPTD SMP NEGERI 2 PAREPARE.

Peserta KSN Bidang MATEMATIKA
1. ABDILLAH SABIL SMPS ISLAM ATHIRAH KABUPATEN BONE
2. AHMAD IBRAHIM SMPS ISLAM ATHIRAH KABUPATEN BONE
3. ABDUL GHANI AFANDY SMP ISLAM ATHIRAH MAKASSAR
4. ANDI ALIFAH PUTRI IBRAHIM SMP ISLAM ATHIRAH MAKASSAR
5. RIFQI AHMAD DZIBAN UPT SPF SMP NEGERI 6 MAKASSAR
6. MUH. DAFFA MADANI UPT SPF SMP NEGERI 6 MAKASSAR
7. A. ABYAN FATHIN ASYAM UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE

Peserta KSN Bidang IPA
1. MUHAMMAD NAUFAL NOER SUKRI SMP IT SHOHWATUL IS AD
KABUPATEN PANGKEP
2. TIARA SIDDHI FONSO SMP KATOLIK RAJAWALI  KOTA MAKASSAR
3. MALIKA SAFA DWI HARTINI SMP ISLAM ATHIRAH BUKIT BARUGA,              MAKASSAR
4. HAFIZHAH DHIZA ADILLAH SMP ISLAM ATHIRAH MAKASSAR
5. MALIK IBRAHIM SUBHAN UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE
6. IMEL SMP NEGERI 4 PAREPARE.

Guru Pembimbing KSN SMP Negeri 4 Kota Parepare, Nursyamsi, mengatakan, pihaknya telah menerima jadwal seleksi KSN SMP tingkat nasional. Seleksi digelar selama dua hari, 8-9 November 2021.

“Seleksi tingkat nasional digelar secara bersamaan pada pukul 09.00 WIB untuk bidang kompetisi Matematika, IPA dan IPS,” katanya.

Perlancar seleksi KSN, kata dia, digelar techical meeting dan simulasi KSN SD dan SMP selama dua hari, 26-27 Oktober 2021. Technical meeting dan simulasi wajib diikuti peserta KSN SD dan SMP Tingkat Nasional.

“Kami telah menyediakan perangkat dibutuhkan, seperti jaringan internet yang stabil, 1 buah handphone berbasis android serta 1 buah handphone/laptop berkamera yang akan digunakan untuk zoom,” kata Anci begitu disapa.

Apa itu KSN?
Kompetisi Sains Nasional atau disingkat KSN adalah upaya peningkatan mutu pendidikan digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. KSN 2021 mengusung tema “Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesia kuat”.  KSN kali ini digelar secara online/daring.

Peserta yang lolos seleksi tahap 2 ini selanjutnya akan mengikuti KSN tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada November 2021.

Dilansir wikipedia, Olimpiade Sains Nasional (OSN) pertama digelar tahun 2002 di Yogyakarta. Ajang ini digelar setelah Indonesia sukses menjadi tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO – International Physics Olympiad) di Bali
pada tahun yang sama.

Sejak tahun 2020, OSN mengalami perubahan nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN). KSN ini digelar Pusat Prestasi Nasional. Lembaga ini bertugas menyelenggarakan lomba, kompetisi, dan festival.

Pusat Prestasi Nasional memberikan kesempatan semua jenjang pendidik mengikuti KSN. Jenjang SD dilombakan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Jenjang SMP diperlombakan bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sedagkan jenjang SMA dilombakan bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Pada tahun 2008, OSN jenjang SMP perlombakan Matematika, Fisika, dan Biologi, dan Astronomi. Tahun berikutnya, bidang Astronomi ditiadakan kembali.

Lalu pada tahun 2010, IPS ditambahkan sebagai bidang baru. Pada tahun 2015, bidang Fisika dan Biologi digabung pada bidang IPA, sehingga sekarang terdapat 3 bidang untuk jenjang SMP:  Matematika, IPA, dan IPS.

Jenjang SMA awalnya, perlombakan bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, dan Ekonomi. Bidang Kebumian (2008) dan Geografi (2013).

Peserta didik yang lolos di ajang ini, wajib mengikuti tahapan seleksi ketat, dimulai seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-S).

Seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K). Seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P).

Seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN). Saat masih bernama Olimpiade Sains Nasional, proses atau metode seleksi tergantung dari jumlah (kuota) peserta setiap tahunnya. (*)

foto/ilustrasi : https://www.facebook.com/KSNKompetisiSainsNasional/

__Terbit pada
25 Oktober 2021
__Kategori
Sains

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *