Ini Wakil Sulsel di KSN Bidang IPS Tingkat Nasional 2021

Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Dikti RI, telah menetapkan peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat SMP tahun 2021.

Khusus KSN di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Sulawesi Selatan akan diwakili peserta didik dari Kota Parepare, Kota Makassar, Kabupaten Bone, wajo, Pangkep, dan Toraja Utara.

Peserta didik yang lolos ke KSN tingkat nasional, masing-masing Karmilasari dari SMP Negeri 3 Tellu Siattinge, Kabupaten Bone. Nadhifa Nur Zahirah asal SMP Semen Tonasi 1 Kabupaten Pangkep.

Kemudian, Rafael Nasea asal SMP Negeri 1 Baruppu dan Resti Pasama asal SMP Negeri 2 Balusu Toraja Utara, serta Maia Fhauziah dari SMP Negeri 1 Pitumpanua Kabupaten Wajo.

Selain itu, ada Fatur Putra dari SMP Negeri 6 Kota Makassar dan ANDI Mahgfirah dari SMP NEGERI 4 Parepare serta Rania Haritzah Nurul Ayni SMP dari Negeri 2 Parepare.

Guru Pembimbing KSN SMP Negeri 4 Kota Parepare, Nursyamsi, mengapresiasi, prestasi yang diraih anak didiknya di ajang KSN. Prestasi itu, kata dia, bimbingan guru dan orang tua.

“Alhamdulillah, kami sangat bangga melihat anak didik kami bisa lolos ke tingkat Nasional. Sekolah kami berhasil meloloskan anak didik di tiga bidang ilmu yang dilombakan, yakni IPA, Matematika, dan IPA,” kata Anci begitu ia disapa karib.

Nursyamsi menceritakan, awalnya diminta kepala sekolah memilih siswa untuk diikutkan pembimbingan. Siswa itu dipersiapkan mengikuti KSN.

“Saya pesimis, saya tidak mampu mengidentifikasi kemampuan anak didik selama pembelajaran online. Saya kemudian melakukan seleksi dengan mengundang anak yang saya anggap memiliki bakat di bidang sains,” cerita guru IPS itu.

“Anak didik lolos tingkat sekolah, didaftarkan untuk mengikuti KSN bidang IPS tahap 1. Alhamdulillah, bisa lolos 2 orang ke tahap dua mewakili Kota Parepare di tingkat provinsi Sulsel dan satu orang lolos tingkat nasional,” kata Nursyamsi.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah upaya peningkatan mutu pendidikan digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. KSN 2021 mengusung tema “Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesia kuat”. KSN kali ini digelar secara online/daring.

Peserta yang lolos seleksi tahap 2 ini selanjutnya akan mengikuti KSN tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada November 2021.

Peserta Didik Lolos KSN Bidang IPS 2021
1. KARMILASARI SMP NEGERI 3 TELLU SIATTINGE Kab. Bone
2. NADHIFAH NUR ZAHIRAH SMP SEMEN TONASA I Kab.Pangkep
3. RAFAEL NASEA SMP NEGERI 1 BARUPPU Kab.Toraja Utara
4. RESTI PASAMA SMP NEGERI 2 BALUSU Kab. Toraja Utara
5. MAIA FHAUZIAH SMP NEGERI 1 PITUMPANUA Kab. Wajo
6. FATUR PUTRA TJIUNAR UPT SPF SMP NEGERI 6 MAKASSAR
7. ANDI MAHGFIRAH UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE
8. RANIA HARITZAH NURUL AYNI UPTD SMP NEGERI 2 PAREPARE. (*)

Sumber : pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
Foto/ilustrasi peserta didik sedang berdiskusi (kalderanews.com)

__Terbit pada
24 Oktober 2021
__Kategori
Sains

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *