masak di gunung

Mengapa Telur Sukar Masak di Pegunungan, Ini Rahasianya

Hai squad, siapa pernah naik gunung? Pasti merasakan suhu dingin di pegunungan, karena tekanan udara di pegunungan sangat rendah.

Mengapa air bisa mendidih dan berapa kalor yang dibutuhkan mendidihkan air di pegunungan, mengapa  telur sukar masak saat direbus di pegunungan. Simak cerita Tuan Guru dan muridnya.

“Echa dan Icha, perhatikan air dalam panci yang dipanaskan,” pinta Tuan Guru, saat mendapingi anak didiknya melakukan percobaan.

“Wih, suhu airnya makin lama, makin panas Pak,” kata Echa.
“Perhatikan di bagian dasar panci. Apa yang terjadi,” kata Tuan Guru.

“Wih, tampak ada gelembung-gelembung. Bagaimana proses terbentuknya gelembung-gelembung itu Pak,” tanya Icha.

Jadi gelembung itu molekul uap air. Saat air dalam panci dipanaskan, molekul air di dasar panci mendapat tambahan energi, sehingga bergerak makin lama, makin cepat.

Suatu saat molekul air itu berubah menjadi gas. Karena massa jenis gas lebih kecil dari air, sehingga gelembung naik ke atas.

“Oooo, begitu,” kata Icha dan Echa kor menjawab.

“Ada yang menarik, pada tekanan 1 atmosfer air mendidih pada suhu 100 derajat celcius. Titik didih air sangat bergantung pada tekanan udara,” jelas Tuan Guru.

Makin tinggi tekanan udara makin tinggi titik didik air, sehingga air akan mendidik di atas suhu 100 derajat celcius.

“Mengapa bisa begitu Pak,” tanya Icah.

Saat tekanan udara tinggi, tekanan ini diteruskan oleh zat cair ke gelembung yang akan terbentuk.

Tekanan ini akan menghambat terbentuknya gelembung-gelembung gas, sehingga pada suhu di atas 100 derajat celcius air belum dapat menguap.

“Air pada suhu di atas 100 derajat celcius ini disebut air super panas,” kata Tuan Guru.

“Berarti saat kita berada di pegunungan atau daratan tinggi, tekanan udara rendah. Berapa titik didih air Pak” tanya Echa.

“Pertanyaan bagus, di daerah pegunungan itu, tekanan udara sangat rendah. Air bisa mendidih pada suhu 80 derajat celcius,” jawab Tuan Guru.

Selain itu, kata dia, suhu air di pegunungan tidak akan melebihi 80 derajat celcius, sehingga air mendidih di bawah 100 derajat celcius.

“Berarti telur yang direbus sukar masak di pegunungan Pak,” tanya Icha.

“Betul, karena kalor yang diberikan pada telur  yang direbus tidak terlalu banyak, akibatnya telur sukar matang,” jawab Tuan Guru.

Mendidih adalah suatu kondisi di mana terjadi perubahan suatu zat dari fase cair menjadi fase gas. Suhu saat zat cair mendidih pada tekanan 1 atmosfer disebut titik didih.

Pada saat mendidih, suhu zat cair tidak dapat bertambah lagi karena kalor yang diberikan akan digunakan untuk mengubah wujud zat cair menjadi gas. (*)

Referensi : (1) Fisika Gasing, Prof Yohanes Surya Phd, (2) wikipedia (3) perepuan sedang masak di pegunungan (foto mounture.com)

__Terbit pada
7 September 2021
__Kategori
Sains

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *