siswa belajar suhu

Menghitung Kalor Tanpa Rumus

Siswa belajar suhu dan kalor (foto:  asy-syaamil.com)

Saat matahari bersinar sangat terik di siang hari, sampai ke bumi kita menyebut hari itu terasa panas. Yup, kita belajar suhu dan kalor.

Teman-teman suhu itu berbeda dengan panas (kalor). Panas atau kalor itu energi. Jadi energi yang berpindah dari benda yang memiliki suhu lebih tinggi ke benda yang memiliki suhu lebih rendah itu disebut kalor.

Sedangkan suhu adalah besaran yang digunakan untuk menyatakan derajat panas atau dingin suatu benda.

Nah, memahami kalor, Tuan Guru akan membuat percobaan menarik. Eits, percobaan ini dilakukan pengawasan guru ya.

“Ini ada air yang massanya 1 kilogram dan besi massanya 1 kilogram. Keduanya kita panaskan. Coba amati kenaikan suhu kedua benda itu,” pinta Tuan Guru.

“Wih, besi lebih cepat naik suhunya dibandingkan air. Baru lima menit, suhu besi naik 60 derajat celcius,” kata Icha.

“Ya, sedangkan air, lima menit baru mencapai 35 derajat celcius. Mengapa begitu Pak,” tanyya Echa.

Jadi tiap benda tersusun dari atom atau molekul yang berbeda. Besi sebagian besar kalor yang dipakai untuk menaikkan energi kinetik atom-atomnya.

Sedangkan air, sebagian besar kalor dipakai untuk menaikkan energi potensialnya (untuk menggetarkan molekulnya dan sisanya menaikkan energi kinetiknya.

Selain itu, sebagian diambil untuk menambah energi potensialnya, maka penambahan energi kinetik molekul air menjadi lebih kecil.

“Itulah sebabnya suhu air lebih rendah dibandingkan suhu besi,” jawab Tuan Guru.

“Lalu mengapa air sering digunakan dalam sistem pendingin radiator mobil.”

Menurut Fisika Air mempunyai kalor jenis sangat tinggi, sehingga lambat panas. Butuh banyak energi panas untuk menaikkan suhu air karena lambat panas. Air cocok pendingin mesin.

C0ba simak cerita Tuan Guru, berikut ini, untuk menaikkan suhu 1 gram air setinggi 1 derajat celcius dibutuhkan 1 kalori. Nah, berapa kalori dibutuhkan menaikkan suhu 1 geram air setinggi 10 derajat celcius.

“Menaikkan suhu 1 gram air 1 derajat celcius, butuh 1 kalori. Jadi untuk menaikkan suhu 1 gram air menjadi 10 derajat celcius, membutuhkan 10 kalori (10×1 =10).”

“Wah, lebih gampang, kita tak perlu hafal rumus kalor,” kata Echa.

Sekarang kita main variabel, untuk menaikkan suhu 1 gram air sebanyak 1 derajat celcius dibutuhkan c kalori.

Berapa kalori dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air setinggi 2 derajat celcius. Jadi untuk menaikkan suhu air 1 gram 2 derajat celcius butuh 2xc =2c.

Berapa kalori dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air setinggi T derajat celcius. Jadi menaikkan suhu 1 gram air T derajat celcius butuh Txc = Tc

Berapa kalori dibutuhkan untuk menaikkan suhu m gram air setinggi T derajat celcius. Menaikkan suhu air m gram setinggi T derajat celcius butuh mxTc = mTc atau Q=m.c.ΔT

Kalor jenis suatu benda itu kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram benda setinggin 1 derajat celcius. Dalam sistem internasional kalor jenis menunjukkan kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 kg benda setinggi 1 Kelvin.

Misalnya kalor jenis besi 452 J/kg.C, artinya untuk menaikkan suhu 1 kg besi setinggi 1 derajat celcius butuh kalor sebanyak 452 J. (*)

__Terbit pada
2 September 2021
__Kategori
Sains

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *