Ilustrasi

Ini Perbedaan Massa dan Berat

Hai Squad, kita semua pernah mengukur berat badan di rumah sakit,puskesmas, atau di sekolah. Ketika kita menimbang badan, dokter mengatakan berat badan 60 kilogram (kg).

Satuan itu gunakan, mengukur sebuah berat badan atau berat benda yang lain dalam kehidupan sehari-hari.

Keseharian kita menyebut massa sebagai berat. Menurut Fisika ini kurang tepat. Massa itu menunjukkan jumlah materi dalam suatu materi.

Sedangkan berat itu mengukur gaya yang disebabkan gravitasi bumi terhadap massa.

Selain itu, massa tidak pernah berubah, sementara berat bisa berubuah tergantung besarnya percepatan gravitasi bumi di tempat itu.

Menurut Tuan Guru, kurang tepat, dalam Fisika selain berat juga di kenal dengan massa, ternyata massa dan berat itu berbeda.

Satuan massa itu kilogram (kg), sedangkan berat memiliki satuan newton, karena massa adalah jumlah materi yang terkandung pada benda sedangkan berat adalah gravitasi yang bekerja pada benda itu.

Selain itu massa dan berat juga berbeda besarannya, massa itu besaran pokok. Besaran yang satuannya sudah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran yang lain.

Berat itu besaran turunan yang memilki nilai dan arah atau disebut vektor.

“Jadi kalau mengukur massa pakai apa?
Ada banyak alat ukur untuk mengukur massa benda, ada timbangan batu, ada neraca lengan, neraca tiga skala, neraca elektronik.

Pertama, Timbangan Batu, timbangan ini banyak digunakan di pedagang di pasar, menaruh beban di salah satu sisi dan tambahkan batu timbangan di sisi lainnya. Lalu diatur timbangan hingga setimbang.

Kedua, Neraca Dua Lengan, timbangan ini memiliki dua lengan. Cara menggunakan cukup simpel, menyimpan batu timbangan di lengan satu dan beban di lengan yang lain hingga tercapai kesetimbangan.

Ketiga, Neraca Tiga Skala, timbangan ini banyak digunakan laboratorium. Timbangan ini memiliki tiga skala, yakni ratusan gram, puluhan gram, dan satuan gram.

Cara menggunakannya, simpel menaruh beban di tempatnya, lalu geser ketiga skala penunjuknya sehingga tercapai kesetimbangan. Jumlah dari ketiga angka yang menunjukkan ketiga skala itu merupakan massa benda.

Keempat, Neraca Elektronik, timbangan ini modern, cara menggunakan cukup simpel dan sangat mudah. Taruh beban di tempatnya, lalu baca layar. (*)

__Terbit pada
30 Agustus 2021
__Kategori
Sains

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.