Kawasan Karst Maros – Pangkep “Lab” Fisika Bumi UNM

Tulisan ini saya copi paste di akun Facebook dosen saya. Saya pertegas lagi tulisan ini saya edit dan tambah beberapa bagian, tapi tidak menghilangkan maknanya.

“Selamat datang Anandaku para mahasiswa (i) baru di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM,” tulis Dr Ir Muhammad Arsyad MT di akun FBnya.

Penyambutan itu saya nikmati 23 tahun silam, bedanya saya dan kawan-kawan disambut sebuah baliho besar di depan kampus dan senior.

Tidak banyak saya ingat pesan di baliho itu. Kami harus datang subuh-subuh di kampus Parang Tambung mengikuti nasihat senior.

Sulit mencari jejak digitalnya. Saat itu, belum ada media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan lainnya.

Saat ini, di tengah pandemi Covid -19, mahasiswa (i) disambut dosen via virtual dan media sosial.

“Ananda telah memilih program studi yang tepat, sebagai tempat memenuhi rasa ingin tahu tentang partikel sekecil zarah dan penelusuran alam semesta yang tiada terbatas,” tulis doson KBK Fisika Bumi UNM itu.

“Using diferensial integral rasa pedas-pedas Matematika Fisika bakal jadi menu sedap di hari-hari ke depan,”

Saya yakin menu disajikan para dosen kami membuat adik-adik enggan meninggalkan laboratorium.

Mesti sudah harus pulang ke tempat kost karena lagi menunggu hasil eksperimen yang sangat seksi itu.

Dulu saya dan kawan-kawan betah berlama-lama di laboratorium, menunggu hasil responsif dari asisten dosen, sebelum masuk laboratorium menguji teori melalui praktikum.

Terkadang harus mengulang responsif, mungkin jawaban kami gagal meyakinkan para asisten yang bertugas di laboratorium.

Budaya di Laboratorium Fisika UNM kian modern, siap mengantar mahasiswa (i) mengeksplore alam lebih dalam lagi.

Mahasiswa (i) akan didampingi empat orang Guru Besar dan dalam waktu dua tahun ke depan akan bertambah menjadi delapan orang Professor.

21 dosen bergelar Doktor dengan ragam keilmuan yang mumpuni, antara lain Pendidikan Fisika, Fisika Material, Fisika Sumberdaya Alam, dari dalam dan luar negeri.

Dalam kurung waktu 2-3 tahun ke depan bertambah 3 orang Doktor. Sisanya dosen dengan gelar Magister Pendidikan Fisika dan Sains Fisika.

Kini, Jurusan Fisika UNM Makassar memiliki mempunyai Laboratorium siap membantu mahasiswa dalam proses tugas akhirnya.

Lab Struktur, Lab Fisika Oksidasi Lab Fisika Bumi dan jangan lupa Laboratorium Alam Kawasan karst Maros Pangkep sebagai Lab Fisika Bumi.

Untuk Lab mata kuliah tersedia Lab Fisika Dasar, Lab Komputet, Lab Fisika Modern dan Lab Analisis Data, Lab Alam.

“Fisika Bumi Kawasan Karst Maros Pangkep mempunyai sumber belajar yang tak berhingga untuk ditelusuri,” kata dosen Fisika Pascasarjana UNM itu.

Mahasiswa (i) bisa mengeksplore sumber daya air, baik permukaan maupun underground river dalam gua, gua dan ornamennya sebagai kajian mineral untuk susepsibilitas magnetik.

Selain itu, juga epikarst, endokarst dan eksokarst, maupun data tentang perubahan iklim, unsur cuaca, temperatur dan curah hujan.

Bagi yang suka travelling, setiap semester silakan ambil KBK Fisika Bumi, sambil melakukan eksplorasi dan mendokumentasikan SDA sebagai anugrah Allah SWT.

Cerita ini Anda bisa eksplor di link

Lab. Fisika Bumi

“Kita akan bertemu nyata dan atau virtual di keindahan semesta yang kita bicarakan,” pesannya. (*)

__Terbit pada
14 Agustus 2021
__Kategori
Sains

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *