Messi

Tuah Maracana

Sepak bola sulit ditebak dengan statistik pertandingan, banyak variabel yang harus diukur, termasuk faktor X.

Sehari sebelum partai final Copa Amerika, Tuan Guru kesulitan mencari sohib yang favoritkan Argentina.

Para sohib umumnya jagokan Brazil berpesta dan mengangkat trofi kejuaraan negara-negara Amerika Selatan, di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brazil.

Sejumlah akademisi penikmat bola dihubungi, hanya satu yang jagokan Argentina. Ya, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi UM Parepare, Rusmin Nuryadin.

“Saat ini, Argentina memiliki mental juara diperkuat pemain-pemain muda dan senior yang bermain di liga Eropa,” katanya.

Sementara itu, Pakar Fisika Bumi FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr Ir Muhammad Arsyad, MT dan Pakar Ekonomi Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare, Dr Yadi Arodhiskara,
menjagokan tim Samba Brazil.

“Brazil punya bintang yang merata di setiap lini. Sementara Argentina hanya bertumpu pada Messi,” kata Ketua Prodi Pendidikan Fisika dan Sains Pascasarjana UNM itu.

“Timnas Brazil memiliki skuad mumpuni di setiap lini. Mampu bermain total football ala Eropa,” kata Dekan Fakultas Ekonomi UM Parepare itu.

Jika dicermati statistik, maka kedua tim berpeluang menjadi juara. Keduanya tak pernah kalah di babak penyisihan Copa Amerika hingga semifinal.

Memori kelam Lionel Messi Cs di Stadion Maracana, sudah dihapus. Saat itu, Messi Cs menembus final Piala Dunia 2014.

Mereka berhadapan dengan Jerman pada partai puncak, 14 Juli 2014 silam itu, Tango takluk di menit ke-113.

Tapi itu cerita masa lalu dan statistik pertandingan disajikan para pengamat, analis, dan penikmat bola.

Kini, Argentina keluar sebagai juara Copa America 2021, setela permalukan Tim Samba di hadapan pendukungnya dengan skor tipis 0-1, Minggu 11 Juli 2021.

Gol tunggal itu disumbangkan Angel Di Maria pada menit 22, sekaligus mengantarkan Argentina Juara Copa Amerika 2021, sekaligus Tuah Maracana berpihak ke Tango.

Juara ini merupakan rekor yang mengagungkan bagi Messi. Ini gelar pertama sejak bergabung bersama Timnas senior 2005.

Lionel Messi Cs sudah empat kali membawa La Albiceleste lolos ke final Piala Dunia dan Copa America. Tapi, Argentina selalu keok.

Tahun 2007, tembus partai puncak Copa America, takluk dari Brazil 0-3 di Venezuela. Tahun 2014 Piala Dunia, Argentina ditumbangkan Jerman. Tahun 2015 dan 2016 Argentina kalah dari Cile di final Copa America. (*)

__Terbit pada
11 Juli 2021
__Kategori
Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.