Inilah Sosok Guru Pemimpin Terbaik

Pendidik asal Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Ridwan, raih penghargaan Guru Pemimpin Terbaik.

Award Guru Pemimpin Terbaik ini digelar Sekolah Guru Indonesia (SGI) dan Dompet Dhuafa.

Penilaian digelar secara daring yang digelar pada 26 Februari hingga 7 Mei 2021 lalu, mengantarkan Ridwan Guru Pemimpin Terbaik.

Ridwan merancang inovasi budi daya tanaman hidroponik dalam botol bekas.

Tanaman hidroponik diberi nama Bos Diubah Jadi Panik. Inovasi ini berhasil membawa Guru kelas 5A SDN 8/18 Bontowa Labakkang Pangkep itu menjadi guru dengan inovasi terbaik.

Inovasi ini dinobatkan sebagai guru pemimpin terbaik se Indonesia ini dibantu Jusnaely S.pd Guru asal Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah, ini pencapaian terbaik. Ini berkah dan dukungan pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep,”ujar Ridwan, saat ditemui, Kamis 3 Juni, 2021.

Inovasi tersebut sudah lama diterapkan ke anak didiknya agar selalu menjaga lingkungan.

Ridwan, Guru Pemimpin Terbaik asal Pangkep, Sulsel

“Selama sebulan lebih saya diberikan kesempatan untuk membimbing anak didik, membuat sebuah inovasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19,” katanya.

Botol bekas dimanfaatkan menjadi wadah hidroponik. Ridwan mengajak, anak didiknya memanfaatkan botol bekas menjadi wadah tanaman agar tidak cemari lingkungan.

Bagi Ridwan, memanfaatkan botol bekas sebagai bentuk kepedulian siswa di masa pandemi dan melestarikan lingkungan.

“Peserta didik dibagi beberapa kelompok, kemudian saya bimbing mereka mengolah botol bekas menjadi wadah tanaman hidroponik,” katanya.

Berkat kerja keras dan keikhlasan mendidik dan menjaga lingkungan, karyanya masuk dalam nominasi guru pemimpin terbaik se Indonesia dan mewakili Pulau Sulawesi ke tingkat nasional. (*)

__Terbit pada
3 Juni 2021
__Kategori
Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *