Ermin

Cara Daftar PPDB SMA

Ingin melanjutkan pendidikan di SMA atau SMK favorit kamu? Perhatikan jalur, syarat, dan cara pendaftaran peserta didik baru.

Oke Squad, pendaftaran peserta didik baru (PPDB) SMA sederajat di Sulawesi Selatan dibuka 14 Juni 2021.

PPDB tahun ini dibuka beberapa jalur. Jalur zonasi memiliki kuota sebanyak 75 persen. Jalur ini mendekatkan sekolah dengan rumah anak didik.

Pendaftaran jalur zonasi 14-16 Juni 2021, verifikasi dokumen 14-17 Juni, pengumuman 18 Juni, daftar ulang 18-19 Juni.

Menyiapkan kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 tahun sebelum tanggal PPDB atau surat keterangan domisili bagi mengalami keadaan tertentu meliputi bencana alam dan/atau bencana sosial.

Jalur Afirmasi dibuka kuota 15 persen, pendaftaran 21-23 Juni 2021, verifikasi dokumen 21-24 Juni, pengumuman 25 Juni, dan daftar ulang 25-26 Juni.

Jalur Afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan bukti keikutsertaan peserta didik dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan penyandang disabilitas.

Jalur Perpindahan Orang tua/wali disiapkan kuota 5 persen, dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

Jalur Prestasi disiapkan kuota 5 persen. Jalur ini dibuka dua kategori yakni akademik dan non akademik.

Prestasi non akademik, pendaftaran 28-30 Juni, verifikasi dokumen 28 Juni-1 Juli, pengumuman 2 Juli, dan daftar ulang 2-3 Juli.

Dukumen dibutuhkan sertifikat sesuai prestasi yang diraih, seperti Hafiz Alquran 5 juz olahraga, seni budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi,pramuka, palang merah, jurnalistik, keagamaan dan pencinta alam.

Sertifikat prestasi kejuaraan/lomba yang diperhitungkan adalah prestasi kejuaraan/lomba tingkat internasional, nasional, provinsi dan kabupaten/kota yang diperoleh selama calon peserta didik baru di SMP sederajat

Prestasi Akademik (sisa dari semua jalur pendaftaran), pendaftaran dibuka 5-7 Juli, verifikasi dokumen 28 Juni-1 Juli, pengumuman 9 Juli, dan daftar ulang 9-10 Juli.

Flayer PPDB
Flayer PPDB SMA Negeri 1 Parepare

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA Negeri 1 Parepare, Drs Ermin M Pd, mengatakan, tahun ini sekolahnya menyiapkan 10 rombongan belajar (rombel) dengan kapasitas 36 peserta didik setiap rombel.

Magister Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar itu, merinci, ia akan menerima 360 peserta didik baru.
Sebanyak 270 peserta didik jalur zonasi, 54 jalur afirmasi, dan 18 peserta didik jalur prestasi.

“Pendafataran dilakukan dalam jaringan (daring) menggunakan nomor induk siswa nasional (NISN) pada laman pendaftaran sulsel.siap-ppdb.com,” katanya.

Setelah dibuka, sila isi data sesuai dibutuhkan dan unggah dokumen yang diperlukan. Lalu cetak sebagai bukti pendaftaran.

“Bukti pendaftaran itu diserahkan kepada panitia untuk diverifikasi,” katanya. (*)

__Terbit pada
31 Mei 2021
__Kategori
News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *