Beasiswa

Anda Cari Beasiswa, Ini 8 Beasiswa LPDP 2021

Perempuan diwisuda (foto tribunnews.com)

Anda membutuh beasiswa untuk biaya kuliah. Anda bisa coba beasiswa dari pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Pendaftaran beasiswa dari Kementerian Keuangan ini untuk jenjang strata dua (S2) dan strata tiga (S3) di perguruan tinggi dalam dan luar negeri telah dibuka.

Anda bisa mengakses laman lpdp.kemenkeu.go.id  mendapatkan informasi beasiswa LPDP 2021. Tahun ini disediakan delapan program beasiswa. Kedelapan beasiswa itu dibagi tiga kelompok yaitu Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Umum.

Berikut beasiswa LPDP di tahun 2021
1. Beasiswa Reguler
Beasiswa ini dibuka bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan di  jenjang Master (S2) dan Doktor (S3). LPDP menyediakan fasilitas berupa biaya pendidikan,biaya pendaftaran, biaya SPP/tuition fee.

Selain itu, penerima beasiswa juga menerima tunjangan buku, biaya penelitian tesis/disertasi, biaya seminar internasional, biaya publikasi jurnal internasional, biaya pendukung, transportasi.

Aplikasi visa/residence permit, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, biaya keadaan darurat (jika diperlukan), tunjangan keluarga (khusus program doktor)

2. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD)
Program ini khusus bagi warga yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi terbaik dunia.

Penerima beasiswa PTUD diberikan kepada mahasiswa S2 dan S3 yang telah memiliki Letter of Admission/Acceptance (LoA) Unconditional dari perguruan tinggi utama dunia.

Penerima beasiswa LPDP PTUD mendapatkan fasilitas berupa biaya pendidikan, biaya pendaftaran, biaya SPP/tuition fee, tunjangan buku, biaya penelitian tesis/disertasi.

Selain itu, mendapatkan biaya seminar internasional, biaya publikasi jurnal internasional, biaya pendukung, transportasi,aplikasi Visa/residence permit.

Asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan,biaya keadaan darurat (jika diperlukan), tunjangan keluarga (khusus doktor).

3. Beasiswa Co-funding
Bantuan beasiswa ini, diberikan kepada mahasiswa jenjang magister yang menempuh pendidikan di luar negeri melalui program Beasiswa Reguler dan Beasiswa PTUD melalui skema beasiswa semi mandiri.

Beasiswa Targeted LPDP 2021

1. Beasiswa PNS, TNI, dan Polri
Pemerintah juga membuka pendaftaran beasiswa targeted bagi Aparatur Sipil Negara atau ASN/anggota TNI/Polri yang ingin melanjutkan pendidikan magister atau Doktor.

Calon penerima beasiswa ini telah menerima LoA Undoncitional universitas tujuan di dalam negeri maupun luar negeri.Selain itu, calon penerima minimal memiliki keterampilan Bahasa Inggris.

2. Beasiswa Kewirausahaan
LPDP juga berikan beasiswa untuk para pelaku usaha atau kewirausahaan. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi masyarakat yang memiliki usaha untuk melanjutkan pendidikan jenjang magister di luar negeri.

Penerima beasiswa kewiraushaan mendapatkan fasilatas berupa biaya pendidikan, biaya pendaftaran, biaya SPP/tuition fee, tunjangan buku, biaya penelitian tesis/disertasi.

Biaya seminar internasional, biaya publikasi jurnal internasional, biaya pendukung/transportasi, aplikasi visa/residence permit, asuransi kesehatan. Biaya hidup bulanan, biaya kedatangan,biaya keadaan darurat

Beasiswa Afirmasi LPDP 2021
1. Beasiswa Berkebutuhan Khusus Difabel

Tahun ini, pemerinta berikan beasiswa untuk warga berkebutuhan khusus atau difabel. Beasiswa kelompok ini diberikan kepada masyarakat berkebutuhan khusus/difabel yang memenuhi persyaratan yang ditentukan LPDP.

Masyarakat difabel terutama penyandang Tuna Netra atau Low Vision, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa, dan Tuna Laras, bisa mendaftar program beasiswa ini.

Penerima beasiswa ini mendapatkan bantuan berupa biaya Pendidikan, biaya pendaftaran, biaya SPP/tuition fee, tunjangan buku, biaya penelitian tesis/disertasi.

Biaya seminar internasional, biaya publikasi jurnal internasional, biaya pendukung, transportasi, aplikasi visa/residence permit, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan

Biaya kedatangan, biaya keadaan darurat (jika diperlukan),
tunjangan keluarga (khusus doktor), biaya pendukung pendamping penerima beasiswa kelompok berkebutuhan khusus/difabel sesuai ketentuan LPDP yang berlak, dan biaya pengayaan.

2. Beasiswa Daerah Afirmasi

Selain itu, masyarakat di daerah afirmasi, ada program beasiswa dari LPDP yang bisa Anda ikuti. LPDP membuka kesempatan mahasiswa dari 96 daerah afirmasi di Indonesia untuk mendaftar beasiswa khusus daerah afirmasi.

Beasiswa ini ditujukan untuk masyarakat yang akan melanjutkan pendidikan S2 maupun S3 di universitas dalam dan luar negeri.

3. Beasiswa Prasejahtera
Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau prasejahtera yang akan melanjutkan pendidikan di jenjang S2.

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya, biaya pendidikan, biaya pendaftaran, biaya SPP/tuition fee, tunjangan buku.

Biaya penelitian tesis/disertasi, biaya seminar internasional,
biaya publikasi jurnal internasional, biaya pendukung,
transportasi, aplikasi visa/residence permit.

Asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan,
biaya keadaan darurat (jika diperlukan), biaya pengayaan

Sumber : 1. lpdp.kemenkeu.go.id
2. aceh.tribunnews.com

__Terbit pada
15 Mei 2021
__Kategori
News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *