Tabur Bunga

UNESA Berikan Beasiswa Anak ABK Kapal Nanggala 402

Keluarga awak KRI Nanggala 402, tabur bunga. (foto TNI AL dikutip dari idntimes.com)

Universitas Negeri Surabaya (UNESA)janjikan beasiswa khusus kepada putra dan putri prajurit awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali, 21 April 2021.

Rektor UNESA Prof Dr Nurhasan, mengatakan, pihaknya menawarkan beasiswa khusus bagi anak-anak awak kapal selam yang ingin mengenyam pendidikan di UNESA.

“Skema pendidikannya gratis dari awal hingga selesai studi. Beasiswa ini full gratis,” katanya.

Beasiswa ini, kata dia, bukan hanya berasal dari Jawa Timur, tetapi seluruh anak-anak dari 53 prajurit yang gugur.

Jenjang pendidikan yang ditawarkan UNESA yakni mulai pendidikan dasar TK, SD, SMP hingga SMA atau SMK di Labschool UNESA.

Selain itu, juga beasiswa untuk program D4, strata satu (S-1), strata dua (S-2), dan juga strata tiga (S-3) segala jurusan atau prodi di UNESA yang total memiliki 100 lebih program studi.

Cak Hasan begitu ia disapa, mengatakan, sepatutnya UNESA memberikan tempat kepada anak-anak korban. Prajurit yang gugur itu bertugas menjaga kedaulatan negara, patriot bangsa.

“UNESA memberikan penghormatan dan penghargaan penuh kepada para prajurit sejati lewat pendidikan gratis untuk putra-putrinya,” ujarnya dikutip dari dikti.kemdikbud.go.id

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, pihaknya akan membantu anak-anak para patriot ini agar dapat mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

Seluruh anak awak KRI Naggala 402 beasiswa pendidikan.Tahap awal diberikan beasiswa kepada 51 anak yang terdiri dari 34 anak jenjang SD, 5 anak jenjang SMP, 4 anak jenjang SMA, dan 8 anak jenjang pendidikan tinggi.

Selain itu, beasiswa akan diberikan juga bagi putra-putri yang saat ini masih balita. Pengaturan dan pengelolaan mekanisme pemberian beasiswa sesuai instruksi Presiden, Panglima TNI, dan Kepala Staf Angkatan Laut. (*)

sumber : kemdikbud.go.id

__Terbit pada
10 Mei 2021
__Kategori
News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.