ilustrasi begal (naikmotor.com)

Waspada Begal, Hindari Jalan Sepi

ilustrasi begal (naikmotor.com)

“Waspadalah! Waspadalah! Waspadalah!”
“Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan,” pesan Bang Napi.

Bukan menakuti, tetap sebagai peringatan dini agar Anda tidak jadi korban begal. Saat ini, aksi begal menyasar pengendara sering terjadi.

Para pengendara motor dihimbau selalu berhati-hati selama berkendara di jalan raya, terutama saat melewati jalan sepi.

Terbaru, seorang netizen bernama Sumardi.S mengunggah kejadian yang dialami istrinya di akun Facebook miliknya, Kamis, 6 Mei 2021.

Ia menceritakan, istri menjadi korban aksi begal pada Rabu, 5 Mei 2021, sekira pukul 10.00 Wita di Jalan Allekalukue, Wekkee, Bumi Harapan, Bacukiki Barat, Kota Parepare.

Saat itu istrinya diadang begal yang ingin merampas tasnya. Beruntung, ia berhasil pertahankan sehingga terjatuh ke aspal.
“Para begal tidak berhasil merampas tas. Tapi, isteri saya terjatuh dan mengalami luka pada bagian wajah, lutut dan siku,” tulisnya.

“Saya imbau khusus untuk wanita hindari mengenakan perhiasan mencolok, seperti emas. Lebih baik simpan tas atau barang berharga di dalam bagasi motor,” nasihatnya.

Berikut tips menghindari risiko menjadi korban pembegalan saat berkendara dari astramotor.co.id.

1. Gunakan Jalan Ramai

Pelaku begal biasa beraksi di jalan yang sepi dan minim pencahayaan agar agar aksinya tak terlihat orang dan keberhasilan mereka jauh lebih besar.

Jika Anda terpaksa harus berkendara di malam hari dan melewati jalanan yang sepi. Sebaiknya cari jalan yang sering dilewati dan ramai.

2. Jangan Berkendara Sendirian
Anda juga bisa mengajak seorang teman untuk dibonceng. Biasanya para pelaku kejahatan mengincar pengendara yang berkendara sendiri karena dianggap lebih lemah dan bisa diintimidasi.

3. Lengkapi Peralatan Berkendara
Selalu gunakan helm, jaket, sarung tangan dan sepatu merupakan beberapa perlengkapan berkendara yang wajib Anda gunakan agar tetap aman.

Selain dapat menghindarkan Anda dari risiko luka ringan misal terjadi kecelakaan, perlengkapan ini juga akan melindungi diri Anda ketika bertemu pelaku begal.

Gunakanlah helm yang berstandar SNI karena sudah dapat dipastikan aman dalam melindungi kepala Anda dari hantaman benda tumpul ataupun benda tajam.

4. Periksa Kondisi Motor sebelum Berkendara
Periksa semua komponen motor untuk memastikan, semuanya dalam kondisi prima.

Hal itu mencegah hal-hal yang tak diinginkan selama berkendara di jalan raya, seperti mogok atau kehabisan bensin.

Itulah beberapa tips menghindari begal saat berkendara motor. Tetap waspada! waspada! waspada!. Hati-hati saat berkendara di jalan raya.

Pastikan dokumen kendaraan Anda lengkap dan patuhi tertib berlalulintas. Ingat prioritaskan keselamatan berkendara.
(*)

__Terbit pada
8 Mei 2021
__Kategori
News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *