SEHAT PUASA

Menu Sehat Berbuka dan Sahur

Puasa Ramadhan di tengah pandemi Covid-19, berjalan lancar. Masjid dibuka, umat Islam menjalankan salat sunah tarawih dengan khusyuk.

Eits.. Tapi jamaah diminta tetap menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan pakai sabun, serta menerapkan pola hidup sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Berikut tips sehat alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Putri Ayu, SKM. Ia menyarankan mengonsumsi menu berserat.

Saat berpuasa tubuh membutuhkan waktu lama menyerap menu mengandung serat, sehingga rasa lapar kita tertunda.

“Menu mengandung serat bisa kita dapatkan pada buah dan sayur. Jadi jangan lupa mengonsumsi makanan yang mengandung serat saat sahur,” kata Putri Ayu.

Selain itu, Putri Ayu juga menyarankan, mengurangi menu berminyak dan pedas.

Mengonsumsi makanan mengandung minyak dan pedas secara berlebihan membuat lambung bekerja keras dalam mencerna makanan.

Perbanyak konsumsi air putih saat malam hari dan sahur. Air putih menetralkan  bakteri ataupun organisme di lambung.

“Puasa membuat tubuh kita bekerja lebih keras dari biasanya sehingga kita harus tidur setidaknya 6-8 jam saat malam hari dan tidur secukupnya di siang hari agar tubuh mengembalikan energi yang terkuras,” ujarnya.

Saat kita berpuasa ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti menu berbuka dan sahur harus mengandung gizi yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengonsumsi minuman yang manis dalam porsi berlebihan kurang bagus bagi tubuh. Bisa menyebabkan kadar gula yang terlalu tinggi.(*)

 

__Terbit pada
21 April 2021
__Kategori
Lifestyle, Ramadhan
2

2 comments on “Menu Sehat Berbuka dan Sahur”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *