Digitalisasi dengan virtual JSDI Kota Parepare

Oleh Hadiwaratama R Jusran

Digitalisasi Pendidikan sangatlah penting dalam upaya menyiapkan SDM yang unggul dan mampu berinteraksi di dunia maya.

Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) merupakan organisasi yang fokus pada peningkatan kompetensi guru pada digitalisasi pendidikan.

Organisasi ini bukanlah organisasi profesi guru, melainkan komunitas pendidik, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan, praktisi pendidikan, dan peminat pendidikan yang mana memberi kecakapan digitalisasi pendidikan pada era disrupsi dan era pandemi sekarang ini.

Belajar dari rumah dan Bekerja dari rumah (Work from Home) adalah salah satu solusi yang tepat saat sekarang ini ditengah Pandemi.

Peserta didik dan pendidik ke depannya akan diberikan edukasi secara online dalam penggunaan handphone, tablet, laptop dan komputer supaya mereka mahir dan mampu membuat desain pelajaran yang edukatif dan interaktif.

Banyak yang dapat kita kembangkan jika kita menguasai teknologi sekarang ini salah satu contoh kecilnya yaitu komunikasi melalui whatsApp dengan video call, secara langsung kita bisa betatap muka.

Walaupun yang kita hubungi tersebut berada di luar negeri atau jauh dari tempat kita menelpon begitu pun belajar daring dengan beberapa aplikasi dengan video conversation.

Ada juga informasi berupa iklan seperti pada blog atau menulis artikel iklan di blog spot.

Melakukan penilaian dengan akun google yang mana berbicara tentang penilaian tentunya kita sebagai pendidik dituntun bisa jeli dan dapat melaksanakan pembelajaran secara maksimal dimana saja dan kapan saja.

Akun belajar.id adalah solusi yang tepat di gunakan dalam melakukan penilaian sehingga membuat siswa nyaman berinteraksi di dalam kelas mereka yang interaktif.

Ada juga absen online dengan google dan kita bisa menyimpan data tanpa batas di google Drive dan lain sebagainya.

Jaringan Sekolah Digital Indonesia Parepare tentunya akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik itu Sekolah-sekolah, PGRI, IGI, AGPAI, Dinas pendidikan, Dinas Infokom, Lembaga Antariksa, Telkom, PLN, Media cetak, maupun SKP yang lain yang ada hubungannya dengan teknologi dan informasi.

Tujuannya adalah agar supaya pengetahuan tentang digitalisasi itu bisa diakses semua pihak walaupun Pandemi yang tak kunjung henti tidak menjadi penghalang didalam mencerdaskan anak bangsa.

Maka dari itu dukungan semua pihak tentunya sangat kami harapkan. Semoga kedepannya JSDI Kota Parepare ini bisa besar dan dikenal luas oleh masyarakat dengan layanan informasi tepat sasaran.

(Penulis: Ketua Daerah JSDI Kota Parepare)

__Terbit pada
18 Maret 2021
__Kategori
Sains

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *