Teori Cinta Ala Newton

Ilustrasi:pinterest.com

Hay squad, kalian kenal kan siapa Sir Issac Newton,ia wafat ratusan tahun silam. kita tak pernah berjumpa, tapi  mengenal dengan karya-karya dan ilmunya yang abadi.

Bangsawan di Negeri Ratu Elisabeth itu jago di bidang fisika, kimia, astronomi, dan matematika.

Ia berhasil menemukan hukum gravitasi bumi.Teori ini ditemukan saat Newton muda sedang duduk santai di bawah pohon apel di pertanian keluarganya.

Saat itu, sebiji apel jatuh dari pohonnya, matanya tertuju sebuah apel baru saja jatuh. Ia memungut apel itu dan mencicipinya, sambil bepikir jernih.

Dari peristiwa apel jatuh dari pohonnya, Newton berkesimpulan, jika gaya gravitasi menarik apel dari pohon, maka gaya gravitasi berpeluang melakukan tarikan terhadap benda lain.

Newton membuktikan semua benda, sekecil apel dan seberat planet, tunduk pada hukum gravitasi.

Gaya gravitasi membantu menjaga planet berputar mengelilingi matahari dengan porosnya dan menciptakan pasang surut air laut dan sungai.

Selain itu, Newton menciptakan berbagai teori dan rumus yang menjadi pondasi ilmu sains di dunia.

Salah satu konsep sering kita pelajari saat duduk di bangku SMP dan SMA adalah Hukum Newton I.

“Setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan atau tetap kecuali jika ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut. “

Sebuah benda akan tetap diam atau tidak bergerak selamanya jika tidak gaya yang pengaruhinya.

Mendorong atau menarik sehingga benda bergerak atau suatu benda akan tetap bergerak selamanya jika tidak ada gaya yang pengaruhinya.

Heemm, squad, dari Hukum I Newton ini hukum gerak dapat didefinisikan, seperti cinta lho.

Cinta itu bermakna secuil usaha agar setia. Jika squad menjalin cinta dengan seseorang, maka cinta akan berjalan lurus, selama tidak ada gaya lain (energi cinta lain) yang bekerja pada hubungan cinta squad.

Energi cinta squad tidak berhenti bergerak jika energi positif terus mengalir.

Hemm, squad harus berusaha agar resultan gaya dari cinta yang lain itu menjadi nol. Upaya bisa dilakukan adalah menciptakan gaya kesetiaan.

Penerapan lain dari rumus Hukum I Newton (F=0) dalam kehidupan sehari-hari, saat sedang mengendarai motor atau mobil, tiba-tiba sopir ngerem mendadak, maka kita terdorong ke depan, gaya bekerja saat itu adalah nol.

Jadi squad perempuan jangan mau dibonceng sama lelaki yang kamu tak kenal ya. Bisa saja berbuat jahat ke kamu.

Mereka bisa menggeber motor dengan kecepatan tinggi, lalu ngerem mendadak, badan kamu terdorong ke depan, membuat Hukum Newton I berlaku.

Penemuan Sir Issac
Newton berjasa di bidang matematika, fisika, kimia, dan astronomi.

Karya-karyanya memudahkan penduduk dunia mengerti alam sekitar dengan teori gravitasi.

Pria kelahiran 25 Desember 1642 itu, menciptakan teleksop modern dengan magnification atau pembesar dikenal teleskop pembias.

Teleskop model pertamanya, dirancang tahun 1668 dan disumbangkan ke Royal Society Inggris, memiliki panjang enam inci. Tapi, bisa memperbesar objek sebanyak 40 kali.

Saat ini, desain teleskop sederhana Newton masih digunakan astronom dan ilmuwan Badan antariksa Amerika Serikat, NASA.(*)

__Terbit pada
5 Maret 2021
__Kategori
Sains

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *